Yanny Buka Bimtek Pimpinan dan Anggota DPRD Bolmong

0
92
Pimpinan dan Anggota DPRD saat mengikuti bimtek yang dibuka langsung Wabub Yanny Tuuk. (Foto: Istimewa)

TNews, BOLMONG — Mewakili Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk resmi membuka kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) bagi pimpinan dan anggota DPRD Bolmong, Kamis (09/04/2021) kemarin.

Kegiatan yang digelar Lembaga Domus Politika Indonesia bekerjasama dengan Universitas Della Salle Manado itu, dilaksanakan di Mercure Hotel Tateli.

Bimtek tersebut mengambil tema: Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) serta Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

Wabup Yanny dalam sambutannya, mengatakan RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka waktu lima tahun. Dimana, berdasarakan ketentuan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, kepala derah sebagai unsur penyelenggara pemeritahan, paling lama enam bulan setelah dilantik, wajib menyampaikan dokumen RPJMD kepada DPRD untuk dibahas, disepakati dan ditetapkan menjadi perda.

“Selaku pemrintah saya menyambut baik kegiatan bimtek ini, hal ini merupakan media pembelajaran bagi pemangku kepentingan di Kabupaten Bolmong,” ungkap Yanny.

Lanjutnya, dokumen RPJMD Kabupten Bolmong tahun 2017-2022 merupakan penjabaran dari visi-misi dan program kepala daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan dan keuangan daerah, yang disertai dengan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif untuk jangka waktu lima tahun, yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD dan RPJMN.

Di sisi lain, Yanny berharap, para narasumber dapat memberikan pemahaman dan penjelasan yang lebih rinci lagi mengenai materi bimtek untuk anggota DPRD selaku peserta.

“Selamat mengikuti bimtek, semoga semakin menambah pengetahuan individu dalam rangka penguatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia selaku anggota DPRD Kabupaten Bolmong,” ujarnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.