Yasti Hadiri Penetapan Badan Pekerja Sinode GMIBM

0
227
Bupati Yasti saat meberikan sambutan pada penetapan badan pekerja Sinode GMIBM periode pelayanan tahun 2021-2026.

TNews, BOLMONG —  Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow menghadiri penetapan badan pekerja Sinode Gereja Masehi Injili Bolaang Mongondow (GMIBM) periode pelayanan tahun 2021-2026.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di D’Talaga Resto, Kotamobagu, Selasa (19/10/2021).

Ketua Sinode GMIBM Pdt. Fekky Wenny Kamasaan menyampaikan, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow merupakan pimpinan daerah pertama di Bolaang Mongondow Raya (BMR) yang melaksanakan tatap muka dengan BPS GMIBM.

“Bupati Yasti pimpinan daerah pertama di BMR yang berjumpa dengan kami. Terima kasih atas kesempatannya,” ungkap Kamasaan.

Visi GMIBM dalam lima tahun kedepan kata dia, yakni GMIBM tangguh. Dimana, visi tersebut merupakan tanggungjawab seluruh jemaat di Bolmong.

“Jemaat GMIBM ada 187 orang yang tersebar di BMR, dari presentase kurang lebih 56 persen itu ada di wilayah pemerintahan Bolmong,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya merencanakan akan membangun Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) di wilayah Desa Poopo, Kecamatan Passi Timur.

“Memang anggarannya cukup besar, diperkirakan sekitar Rp 10 Miliar, kita juga sudah membahasnya dengan Gubernur Olly Dondokambey, kami berharap semoga rencana pembangunan ini tak luput dari bantuan Pemkab Bolmong, karena lokusnya ada di Bolmong,” bebernya.

Dia juga berharap, Pemkab Bolmong turut menopang pembangunan fisik fasilitas umum seperti gereja maupun gedung sekolah.

“Jadi selain pembangunan fisik fasilitas umum, kami juga berharap adanya topangan dari Pemkab Bolmong berkaitan dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), seperti bantuan pendidikan studi akhir,” ujarnya.

“Sangat mengapresiasi Bupati karena telah cepat tanggap turut membantu untuk pemulihan fasilitas peribadahan, gedung sekolah, dan rumah penduduk pasca bencana di Desa Batu Merah, Kecamatan Sangtombolang yang rusak parah maupun ringan akibat terjangan banjir,” dia menambahkan.

Sementara itu, Bupati Yasti dalam sambutannya mengatakan, Bolmong memiliki jemaat GMIBM terbesar dari sisi jumlah penduduk, banyaknya jumlah penduduk Bolmong, lebih besar empat kali lipat dibanding daerah lainnya di BMR.

“Kurang lebih dari 100 persen jemaat GMIBM, ada sekitar 56 persen jemaat yang berasal dari Bolmong. Karena, dari sisi jumlah penduduk, Bolmong lebih banyak dibanding daerah lainnya di BMR,” ucap bupati.

Selain itu, rededominasi gereja juga termasuk paling banyak di Bolmong. Jadi untuk fasilitas peribadahan, memang gereja lebih banyak, jumlahnya kurang kebih ada 300. Itu karena ada beberpa tempat ibadah diantaranya Katolik, Pantekosta.

Terkait bantuan jelas orang nomor satu di bolmong itu, pihaknya akan mengupayakan.

Dalam dua tahun belakangan ini kata dia, anggaran APBD Bolmong terpotong atau direfocusing karena pandemi Covid.

“Kita upayakan semampu kita, karena anggaran kita cukup besar terpotong, bahkan nyaris tak ada pembangunan infrastruktur. Kurang lebih Rp 367 Miliar dalam dua tahun akibat pandemi Covid-19. Namun mudah-mudahan tahun depan bisa stabil, dan apa saja yang disampaikan bisa dipenuhi,” kata Yasti.

Sedangkan untuk rencana pembangunan Pusdiklat di Desa Poopo, pihaknya siap membantu di tahun 2022 nanti.

“Pusdiklat penting karena merupakan bagian dari pembangunan SDM di Bolmong, itu saya sudah catat. Namun bantuannya belum sekarang kemungkinan tahun 2022 mendatang. Karena kita sedang pembahasan anggaran. Tapi yang pasti hampir semua gereja ada bantuan sosial dari pemerintah, begitu juga dengan sekolah SD maupun SMP, namun jumlahnya bervariasi tergantung tingkat kebutuhannya,” tambah bupati.

Terkait bantuan studi akhir kata Yasti, untuk S1 dan S2, pihaknya menjamin akan ada anggarannya.

“Kita hanya ada bantuan studi akhir penyelesaian. Nanti tinggal dilihat jumlahnya berapa yang akan dibantu, karena sebelumnya sudah ada beberapa yang dibantu, nanti tinggal kita tambahkan,” pungkas Yasti.

Sekadar diketahui, Bupati Yasti juga turut memberikan bantuan pribadi berupa satu unit sepeda motor guna menunjang operasional di kantor Sinode GMIBM.

Bupati Yasti didampingi jajaran pengurus Sinode GMIBM juga menandatangani prasasti sebagai tanda atas diresmikannya Pastori GMIBM Sion Tonom.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.