5 Jenis Investasi Online Terbaik Untuk Pemula

0
27
5 Jenis Investasi Online Terbaik Untuk Pemula

Investasi online kini semakin populer di tengah masyarakat. Hal ini dikarenakan telah banyak yang menyadari pentingnya melakukan investasi untuk merencanakan masa depan. Kondisi perekonomian kadang tidak menentu. Mengandalkan gaji tetap sebagai satu-satunya pemasukan keuangan bagi keluarga kadang tidak cukup. Melakukan bisnis investasi menjadi pilihan bagi yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus mengorbankan banyak waktu.

Alasan yang kedua investasi semakin populer adalah adanya cara online untuk melakukannya. Melakukan bisnis sampingan secara online sedang trend akhir-akhir ini. Ada yang bisnis jual beli online, game online yang menghasilkan uang di Fun88, atau yang banyak dilirik adalah berinvestasi secara online.

Investasi secara online banyak disukai karena praktis dan mudah serta lebih terjangkau. Seseorang dapat mulai membuka akun untuk berinvestasi secara online hanya dengan beberapa puluh ribu rupiah saja. Apa saja jenis investasi online dan bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Investasi emas
Sejak dulu, investasi emas sudah banyak peminatnya. Emas merupakan investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang. Nilai emas relatif stabil dan resiko kerugian sangat kecil jika investasi dilakukan dalam jangka panjang. Investasi emas juga lebih mudah dicairkan sewaktu-waktu jika diperlukan.

Saat ini, berinvestasi emas dapat dilakukan dengan mudah secara online. Ada banyak aplikasi di smartphone yang dapat digunakan untuk berinvestasi emas. Untuk memulai investasi dapat dilakukan dari nominal yang sangat terjangkau.

2. Saham
Berbeda dengan emas yang relatif stabil dan minim resiko, investasi saham memiliki resiko yang tinggi. Namun potensi keuntungan yang bisa didapat pun lebih besar. Tidak heran jika investasi saham banyak dipilih sebagai salah satu cara meraih keuntungan yang tinggi.

Sebaiknya pelajari dulu seluk beluk mengenai investasi saham sebelum memilih untuk berinvestasi. Ingatlah bahwa investasi ini memiliki resiko kerugian yang tinggi. Bisa jadi Anda mengalami kerugian yang cukup banyak dengan bermain saham. Aplikasi yang dapat digunakan untuk investasi saham secara online juga banyak pilihannya. Pastikan untuk memakai aplikasi yang telah diawasi oleh OJK dan BEJ.

3. Investasi kripto
Salah satu bisnis investasi online yang juga semakin populer adalah investasi mata uang kripto. Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang terdesentralisasi. Ada banyak sekali jenis mata uang kripto yang beredar. Masing-masing memiliki nilai tersendiri seperti mata uang pada umumnya.

Nilai masing-masing mata uang kripto juga fluktuatif. Hal inilah yang dimanfaatkan untuk berinvestasi. Dengan membeli atau menjual mata uang kripto yang tepat pada waktu tertentu, seseorang bisa mendapatkan keuntungan dari selisih nilai jual dan beli tersebut. Investasi kripto juga memiliki resiko yang cukup tinggi, karena umumnya mata uang kripto tidak memiliki nilai yang stabil.

4. Deposito
Bagi yang ingin melakukan investasi tetapi tidak ingin yang beresiko, dapat mencoba untuk melakukan deposito secara online.

Saat ini aplikasi smartphone yang menawarkan deposito online juga cukup banyak. Cara membuka rekening deposito secara online cukup mudah. Tidak perlu repot antri di bank, proses pembukaan rekening dapat dilakukan secara online.
Meskipun saat ini banyak aplikasi deposito online yang menawarkan bunga yang tinggi, namun keuntungan yang bisa didapatkan dari deposito sebenarnya cukup rendah jika dibandingkan dengan metode investasi lainnya. Namun deposito ini cukup stabil dan minim resiko.

Jika Anda ingin investasi yang aman-aman saja, deposito bisa menjadi pilihan. Saat memulai deposito online, pastikan untuk memilih platform yang telah terdaftar di OJK. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.