Bagaimana cara penduduk Indonesia dapat meningkatkan tabungan dalam kondisi ekonomi yang sulit?

0
239
Bagaimana cara penduduk Indonesia dapat meningkatkan tabungan dalam kondisi ekonomi yang sulit?

TOTABUANEWS.COM – Krisis ekonomi global, meskipun diklaim oleh otoritas di Indonesia sudah dapat diatasi, masih menyebabkan kerusakan ekonomi pada negara ini. Menurunnya ekspor, jatuhnya harga produk pertanian, dan gulung tikarnya proyek investasi asing yang besar membuat semakin tingginya tingkat pengangguran dan dan turunnya tingkat upah dari warga Indonesia. Ditambah lagi rendahnya efisiensi dari sistem perbankan negara dan ketertinggalan Indonesia dalam bidang teknologi. Melawan semua kondisi ini, semakin banyak orang yang mencari-cari cara alternatif menambah pemasukan dan nilai tabungan.

Tentu saja kaum menengah dan elit, yang mengumpulkan kekayaan dalam tahun-tahun kemakmuran negara ini memiliki pilihan instrumen investasi yang lebih luas: mereka bisa membeli aset di luar negeri, berinvestasi dalam saham perusahaan besar, emas, dan komoditas dari investasi asing. Tapi dalam konteks ekonomi global masa kini, perangkat klasik bagi investor sudah kehilangan relevansinya. Alasannya adalah – rendahnya tingkat keuntungan aset ekuitas, fluktuasi yang tidak bisa diprediksi dalam nilai emas di pasar dunia, menurunnya daya tarik real estate sebagai perangkat investasi. Dan, tentu saja, akses mahal dan rumit pada instrumen-instrumen ini.

Apa yang bisa dilakukan untuk mepertahankan tabungan dan meningkatkan keuntungan?

Terutama dalam dunia praktik investasi pribadi dalam situasi dimana instrumen klasik tidak lagi membawa hasil yang diharapkan dan memenuhi ekspektasi investor. Instrumen investasi alternatif dan inovatif dengan keuntungan tinggi mulai mendapatkan momentum. Contoh utama adalah perdagangan opsi biner atau binary option, instrumen ini dianggap mudah digunakan, hasilnya tinggi (90%) dan kemudahan akses untuk investor pribadi juga merupakan nilai plus.

Opsi biner – adalah salah satu jenis kontrak bursa, yang memiliki tingkat laba yang tetap, serta periode waktu yang ditentukan dengan jelas. Prinsip operasi opsi ini di pasar adalah implementasi transaksi investor terhadap naik atau turunnya nilai aset, tanpa pembelian secara langsung objek investasi tersebut.

Dalam praktiknya, opsi biner ini bekerja sebagai berikut. Investor melakukan trading melalui akun trading Internet dengan broker. Contohnya saja Binomo, broker yang memiliki popularitas besar di seluruh dunia. Investor menyetorkan jumlah minimal investasi yang ditentukan perusahaan Binomo pada nilai $10 (Rp133.000). Lalu, menggunakan plaftform trading itu, melakukan transaksi dalam pasar finansial, memprediksi pergerakan nilai suatu aset pokok. Selain itu, tiap kontrak dapat memberikan 90% keuntungan dari jumlah investasidan masa periode transaksi dapat mencapai hanya 30 detik saja.

Karena kesederhanaan, ketersediaan, dan keuntungan tinggi dari opsi biner menjadikannya sebagai perangkat paling menarik bagi orang biasa untuk menggandakan tabungan mereka dan sebagai pilihan alternatif aktivitas finansial.

Opsi biner muncul bukan hanya dari kemarin atau lusa, instrumen ini telah hadir sejak lama tapi sebelumnya hanya tersedia untuk investor besar di Eropa dan Amerika saja. Namun pada tahun 2008 Dewan Bursa Opsi Chicago Exchange (Chicago Board Options Exchange) mengizinkan penggunaan seluruh intrumen derivatif untuk trader pribadi.

Melakukan trading opsi biner dapat terlihat begitu mudah dan sederhana sehingga banyak yang melakukan kesalahan – mulai bekerja tanpa melalui latihan terlebih dahulu. Dalam kasus tersebut, menurut statistik, 90-95% trader baru dengan cepat kehilangan semua investasinya. Karena itu, bagi mereka yang ingin menaklukan opsi biner, pendidikan adalah tahap penting dalam jalan menuju kesuksesan.

Sekarang ini jaringan penuh dengan bermacam-macam webinar, kursus, dan informasi lain tentang pelatihan opsi biner, memungkinkan para trader untuk menguasai profesi ini, tanpa meninggalkan rumah. Beberapa gratis, sementara yang lainnya harus berbayar.

Pendidikan Opsi Biner – langkah penting dalam jalan menuju kesuksesan, tetapi bukan satu-satunya. Berkaitan dengan trading opsi biner, pengalaman lebih penting dari sekedar pengetahuan teoritis saja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.