Kejutan Timnas Maroko, Satu-satunya Negara Islam Yang Lolos ke Perempat Final Pildun Qatar

0
148
Timnas Maroko merayakan kemenangan usai mengalakan Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022. Foto : FIFA

TNews, OLAHARAGA – Timnas Maroko tak henti-hentinya membuat kejutan di Piala Dunia Qatar 2022. Kali ini yang menjadi tumbal Maroko adalah Spanyol, sang mantan juara Piala Dunia 2010.

Sebelumnya, pada babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 anak asuh Walid Reragui ini mampu tampil apik. Dari tiga kali bertanding, Singa Atlas-julukan Maroko- meraih dua kali menang dan 1 kali seri.

Pada laga awal penyisihan grup, Maroko bermain imbang melawan Kroasia. Namun pertandingan kedua secara mengejutkan mampu mengalahkan Belgia, dan laga ketiga mengandaskan perlawanan Kanada.

Jalannya Pertandingan Timnas Maroko vs Spanyol Piala Dunia 2022

Singa Atlas menjadi satu-satunya wakil Afrika yang melaju ke babak 8 besar. Sebelumnya, Senegal juga berkesempatan melaju ke perempatfinal, namun sayang kalah oleh Inggris di babak 16 besar.

Pada laga yang berlangsung Selasa malam, Maroko mampu membuat Spanyol pulang kampung setelah menang lewat drama adu penalti.

Sejak kick off babak pertama, laga antara kedua negara tersebut berlangsung menarik. Sebab, baik itu timnas Maroko maupun Spanyol saling jual beli serangan.

Meskipun anak asuh Luis Enrique mendominasi jalannya pertandingan babak pertama. Sedangkan Singa Atlas hanya mengandalkan serangan balik, karena memiliki pemain sayap dan depan yang berlari kencang.

Walaupun masing-masing tim memiliki peluang emas, namun sayangnya sampai akhir babak pertama kedudukan tetap 0-0.

Memasuki babak kedua, timnas Maroko maupun Spanyol bermain dengan agresif dan tempo yang tinggi. Pasalnya, masing-masing ingin mencetak gol terlebih dulu agar bisa mulus lolos ke 8 besar Piala Dunia Qatar 2022.

Spanyol sendiri mulai inisiatif untuk mengganti penyerangnya, yakni Marco Asensio oleh Alvaro Morata pada menit ke-63.

Kehadiran Morata memang beberapa kali membuat gawang Maroko yang dijaga Y Bounou terancam.

Sayangnya sampai peluit babak kedua berbunyi, kedua tim masih tetap imbang 0-0.

Drama Adu Penalti

Karena laga antara timnas Maroko vs Spanyol sampai waktu normal imbang 0-0, maka pertandingan pun harus melalui ekstra time atau babak tambahan.

Seperti halnya babak pertama dan kedua, jalannya pertandingan babak ekstra time juga masih didominasi oleh Spanyol. Sedangkan untuk Maroko tetap mengandalkan serangan balik, yang beberapa kali juga sempat mengancam gawang Spanyol.

Pada babak tambahan ini, kedua pelatih merotasi pemainnya. Hal tersebut untuk menyegarkan pemain yang terlihat kelelahan dan performa yang mulai menurun.

Baca Juga: Brasil Hajar Korea Selatan, Ini Lawan Neymar dkk di Perempatfinal Piala Dunia 2022

Sehingga, awal ekstra time ini kedua tim berjalan dengan lambat. Namun, mulai laga panas kembali tepatnya pada menit 95.

Sayangnya, sampai 2×15 menit babak tambahan tersebut kedudukan tetap 0-0. Sehingga, pertandingan antara timnas Maroko vs Spanyol harus berlanjut ke babak tos-tosan alias adu penalti.

Sabiri yang menjadi algojo pertama dari Singa Atlas berhasil menjalankan tugasnya. Kedudukan pun menjadi 1-0 untuk Maroko.

Sementara untuk algojo pertama Spanyol adalah Pablo Sarabia. Namun sayang, tendangan membentur tiang gawang sisi kiri.

Kemudian penendang kedua dari Maroko, Ziyech dengan mudah mengeksekusi penalti. Kedudukan berubah menjadi 2-0.

Selanjutnya, penendang kedua dari Spanyol, Soler juga gagal. Begitu juga untuk algojo ketiga Maroko, Benoun yang gagal mengeksekusi penalti. Sehingga kedudukan masih 2-0.

Spanyol berharap kepada sang kapten, Sergio Busquets yang menjadi penendang ketiga. Namun lagi-lagi, tendangan Busquets mampu digagalkan oleh Y Bounou. Kedudukan masih 2-0 untuk keunggulan timnas Maroko.

Hakimi yang menjadi algojo penentu akhirnya menjalankan tugasnya dengan baik. Sehingga, kedudukan berubah menjadi 3-0, yang akhirnya membuat Singa Atlas ke babak 8 besar.

Dengan memulangkan Spanyol menjadi sejarah buat Maroko. Pasalnya, pertama kalinya negara tersebut lolos ke babak 8 besar. Selain itu, timnas Maroko menjadi satu-satunya tim negara Islam yang lolos ke babak 8 besar.

Sementara untuk lawan timnas Maroko selanjutnya, menunggu hasil antara Portugal vs Swiss.

Sumber : Harapanrakyat.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.