LSI Survey Pilgub Sulut 2024 : E2L Unggul Jauh, Steven Kandouw Hanya 11 Persen

0
9778
Karikatur Elly Lasut & Steven Kandouw/By : Hijrah Dondo

TNews, SULUT – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA telah merilis hasil survei terkait pemilihan gubernur (Pilgub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2024.

Berdasarkan survei tersebut, calon gubernur Sulut Elly Engelbert Lasut (E2L) mendapatkan dukungan yang signifikan dibandingkan dengan calon lainnya.

Dari hasil survei dengan metode tatap muka kepada 800 responden, Elly Engelbert Lasut berhasil meraih dukungan sebesar 40,3 persen dari delapan calon gubernur yang diajukan.

Posisi Elly Engelbert Lasut jauh mengungguli calon gubernur lainnya, dengan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) menempati posisi kedua dengan dukungan 12,4 persen, diikuti oleh Steven Kandouw dengan 11 persen.

Meskipun beberapa calon seperti Tatong Bara, James Sumendap, Vicki Lumentut, Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, dan Petrus Reinhard Golose juga tercatat dalam survei, namun dukungan mereka relatif rendah, dengan Elly Engelbert Lasut tetap mendominasi.

Direktur LSI, Denny JA, menjelaskan bahwa dalam skenario Pilgub Sulut 2024 dengan dua calon, Elly Engelbert Lasut masih tetap unggul. Jika dihadapkan dengan Steven Kandouw, Christiany Eugenia Paruntu, Petrus Reinhard Golose, atau Tatong Bara, Elly Engelbert Lasut masih memimpin dengan signifikan.

“Dalam skenario Elly Engelbert Lasut berhadapan dengan Steven Kandouw, dukungan untuk E2L mencapai 57,1 persen, sementara Steven Kandouw hanya mendapatkan 18,1 persen dukungan. Begitu pula jika Elly Engelbert Lasut dihadapkan dengan Christiany Eugenia Paruntu, E2L masih unggul dengan dukungan 53,3 persen,” ungkap Denny JA.

Hasil survei ini menunjukkan dominasi Elly Engelbert Lasut dalam persaingan Pilgub Sulut 2024, namun tentu saja, dinamika politik masih akan terus berlangsung hingga pemilihan sebenarnya. (**)

1. Elly Lasut 40,3 %
2. Christiany Eugenia Paruntu 12,4%,
3. Steven Kandouw 11%.
4. Tatong Bara 8,3%
5. James Sumendap 4,6%,
6. Vicki Lumentut 3,4%,
7. Rita Maya Dondokambey Tamuntuan 2%
8. Petrus Reinhard Golose 0,6 %

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.