Pesawat SAM Air Jatuh di Gorontalo, Seluruh Penumpang Tewas

0
128
Sebuah pesawat SAM Air mengalami kecelakaan tragis di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, pada Minggu (20/10/2024).

TNews, GORONTALO – Sebuah pesawat SAM Air mengalami kecelakaan tragis di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, pada Minggu (20/10/2024).

Kecelakaan tersebut mengakibatkan seluruh penumpang serta awak pesawat dengan jumlah empat orang tewas setelah pesawat dengan nomor registrasi PK-SMH jatuh di dekat Bandara Bumi Panua, tepatnya di area berair yang mirip tambak.

Menurut informasi yang diperoleh, pesawat berjenis DHC-6 itu lepas landas dari Bandara Djalaluddin, Kabupaten Gorontalo, pada pukul 07.03 Wita dan diperkirakan tiba di Bandara Bumi Panua sekitar pukul 07.33 Wita. Namun, dalam perjalanan, pesawat sempat kehilangan kontak.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Provinsi Gorontalo, Heriyanto, mengungkapkan bahwa tim SAR menerima laporan mengenai jatuhnya pesawat dari AIRNAV Makassar sekitar pukul 09.00 Wita.

“Pesawat SAM Air terakhir kali berkomunikasi dengan AIRNAV Makassar, dan informasi yang diterima menunjukkan bahwa pesawat jatuh di area Bandara Bumi Panua,” jelasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Lukman F. Laisa, menambahkan bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sedang melakukan koordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan pihak-pihak terkait untuk menyelidiki insiden ini.

“Kami berharap proses investigasi berjalan lancar dan langkah-langkah pencegahan dapat diambil untuk meningkatkan keselamatan penerbangan di masa mendatang,” ungkapnya.

Kejadian ini menjadi perhatian serius terkait keselamatan penerbangan di Indonesia, dan diharapkan penyelidikan menyeluruh dapat memberikan kejelasan serta mencegah insiden serupa di masa depan. (Jihan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.