PT. Perkebunan Nusantara III Batang Toru Diduga Terlantarkan Karyawan

0
47

TNews, SUMATERA UTARA –  Seorang Pria diketahui bernama Juara Septoni Sipahutar, mengaku sebagai karyawan PT. Perkebunan Nusantara III Kebun Batang Toru, diduga ditelantarkan oleh Perusahaan tempat ia bekerja.

Kurang lebih empat bulan, sejak 28 Mei 2022 hingga sekarang tidak menerima upah atau gaji dari perusahaan pelat merah tersebut.

Dia menceritakan, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari anak dan istri pasca haknya sebagai pekerja tak diberikan lagi, Ia pun harus bekerja ala kadarnya

“Ini lagi nyari paku untuk persiapan jika benar di PHK,” kata Juara, Sabtu sore (17/9/22) melalui percakapan WhatsApp.

Juara mengaku kepada media, telah berupaya menemui pimpinannya guna mempertanyakan hal yang dialami, namun tak menemui jawaban pasti.

Kedatangannya ke Kantor PTPN III Batang Toru kala itu dampingi oleh Ketua Serikat Pekerja Perkebunan (SP-BUN) unit Kebun tempat bekerja.

Anehnya, Juara disambut oleh oknum TNI yang mengaku sebagai wakil dari pihak manejemen dalam memberikan keterangan.

Juara pun sempat mempertanyakan kapasitas TNI dalam hubungan ketenaga kerjaan atau hubungan industrial.

Oknum TNI itu menyebut dasar beliau memberi penjelasan karena menjalankan tugas dari atasan.

Kepada awak media, Juara tak tahu harus mengadu kepada siapa lagi, ketika hak dan statusnya sebagai karyawan hingga saat ini tidak menemui kejelasan.

Berbagai upaya telah ditempu, bahkan dia menyebut telah menyampaikannya ke Ketua Umum SP-Bun Rina Tanjung dan Konsultan Hukum PTPN-III inisial AB, namun lagi-lagi menemui jalan buntuh.

Juara hanya bisa berharap kepada seluruh media di Indonesia untuk menyorot kasus yang dialaminya dan juga nasib pekerja lainnya di PTPN-III yang diduga juga menjadi korban oknum pelanggar UU dalam menjalankan tugas perusahaan.

Sementara itu, hingga berita ini disajikan, awak media ini belum berhasil mendapatkan keterangan dari Manajer Kebun Batang Toru, Asfian Nasution, SP.

Reporter : Sipahutar SH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.