Pulang untuk Mengabdi, Ichdar Tolat Ingin Ikuti Jejak Sang Ayah

0
120
Ichdar Tolat

TNews, KOTAMOBAGU – Menjadi anggota DPRD bukan lah hal yang mudah. Meski status sosial naik dan mendapatkan fasilitas serta tunjangan yang tak sedikit, namun di Pundak ada beban Amanah dari rakyat untuk diperjuangkan.

Itulah ungkapan salah satu calon anggota DPRD Kotamobagu Partai Nasdem dari daerah pemilihan (Dapil) Kotamobagu Selatan, dengan nomor urut Lima Ichdar Tolat, saat berbincang-bincang dengan Tim Redaksi Totabuan News di kediamannya di Kelurahan Motoboi Kecil, Kotamobagu Selatan, Sabtu 30 Desember 2023 malam.

Pria kelahiran Kotamobagu 10 Agustus 1963 ini mengungkapkan, baginya jabatan anggota DPRD bukan lagi hal yang baru. Sebab, dirinya merupakan putra mantan Ketua DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow di masa tahun 1991 – 1982 yakni almarhum Ismail Tolat.

“Kala itu ayah kami adalah ketua DPRD di jaman Bupati Yambat Damopolii. Namun sayang, Ayah kami meninggal dunia sebelum dilantik juga menjadi anggota DPRD Provinsi Sulut utusan dari Bolaang Mongondow,” ungkapnya.

Ichdar Tolat saat mendampingi capres Anis Baswedan beberapa waktu lalu

Keinginannya untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPRD di Pileg 2024 ini, selain ingin mengikuti jejak sang ayah, Ia juga ingin mengabdi untuk daerah dimana tempat Ia dilahirkan, yakni Kotamobagu.

“30 tahun sejak 1993 saya di perantauan di tanah Papua, mungkin ini saatnya untuk pulang selagi bisa bermanfaat untuk orang banyak,” kata pria yang berlatar belakang seorang konsultan ini.

Diketahui, sebelum mencalonkan diri sebagai anggota, Ichdar Tolat merupakan putra asli Motoboi Kecil, Kotamobagu Selatan yang berdomisil di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Sementara Istrinya adalah seorang Pegawai Negeri Sipil warga asli Kotamobagu, yang bertugas di Pemda Kabupaten Jayapura.

Aktivitas Ichdar adalah seorang konsultan, kemudian mundur dan mulai terjun ke dunia sosial di Yayasan Pendidikan Papua hingga saat ini.

Tak hanya itu, di tanah Papua, Ichdar diberi Amanah untuk membangun sebuah masjid yakni masjid Agung Alaska Sentani Papua dengan cara swakelola.

Peliput : Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.