Tanpa Bertarung Lagi di Pilkada, Mimpi Limi Jadi Bupati Bolmong Terwujud

0
371
Limi Mokodompit

TNews, BOLMONG – Limi Mokodompit saat ini sedang bersiap dilantik oleh Gubernur Sulut sebagai Pejabat Bupati Bolmong. Pelantikan akan digelar di Graha Gubernuran, Manado, Minggu (22/5/2022) hari ini.

Pelantikan Limi Mokodompit seiring dengan habisnya masa jabatan Yasti Soepredjo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bolmong periode 2017-2022.

Undangan pelantikan sudah disebar Pemprov Sulut untuk Forkopimda, Kepala SKPD, dan seluruh camat di Bolmong.

Sedangkan Pemkab Bolmong sudah menyebarkan juga undangan penjemputan secara adat kepada Limi Mokodompit pada Senin (23/5/2022).

Sebelum menjabat Bupati Bolmong, Limi Mokodompit tercatat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulut.

Sesuai aturan, yang harus mengisi jabatan Pejabat Bupati Bolmong harus pejabat eselon II di Pemprov. Sebelumnya ada dua nama lagi yang sempat disebut-sebut akan jadi Pejabat Bupati Bolmong.

Mereka adalah Karo Ekonomi Setda Sulut, Lukman Lapadengan dan Karo Administrasi Pimpinan Setda Sulut, Abdullah Mokoginta. Namun, akhirnya Gubernur Sulut Olly Dondokambey memilih mengusulkan Limi Mokodompit ke Kemendagri.

Limi Mokodompit bukanlah figur baru di Bolmong. Ia adalah putra asli daerah ini. Sebelum menjadi Kepala DLH Sulut, Limi Mokodompit berkarir sebagai ASN di Fakfak, Papua Barat, dan pernah menempati beberapa posisi kepala dinas.

Jika mundur lagi ke tahun 2011 atau 11 tahun lalu, Limi Mokodompit pernah mencoba peruntungan maju di Pilkada Bolmong. Kala itu ia berpasangan dengan Meidy Pandeirot.

Namun, kala itu ia dan Meidy harus menerima kenyataan hanya berada di poisisi kedua perolehan suara. Mereka kalah dari pasangan Salihi Mokodongan dan Yanny Ronny Tuuk.

Tapi beruntungnya, aturan pada waktu itu belum mewajibkan ASN atau PNS untuk mundur jika maju di Pilkada.

Limi Mokodompit kembali lagi ke Fakfak meneruskan karir di dunia birokrasi. 2021 lalu, Limi Mokodompit pindah sebagai ASN di Pemprov Sulut dan beberapa bulan lalu dilantik sebagai Kepala DLH Sulut.

Ternyata pilihan kembali ke Sulut tak sia-sia. Limi Mokodompit dipilih dan diusulkan Geburnur Sulut untuk menjadi Pejabat Bupati Bolmong.

Posisi top eksekutif yang dulu pernah gagal ia peroleh. Menariknya, jabatan itu kini ia dapat tanpa harus bersusah-susah kampanye dan mengeluarkan dana besar.

Konni Balamba

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.