1 WNI Pasien Isolasi RSPI-SS Meninggal Dunia

0
148

TNews, JAKARTA – Satu pasien yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso meninggal dunia. Saat masuk ke RSPI pada Rabu (11/3) sudah dalam kondisi sakit pneumonia berat.

Pasien yang diketahui seorang perempuan dikirim ke rumah sakit dengan menggunakan ventilator. Usianya masih cukup muda, yaitu 37 tahun.

“Yang meninggal itu pasien dikirim dari salah satu RS pemerintah dalam kondisi pneumonia yang sudah berat, memakai ventilator, tadi malam masuk dan sudah kita lakukan terapi maksimal ternyata tidak tertolong,” ujar Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, SpP, Kamis (12/3/2020).

Sebenarnya apa sih penyakit pneumonia itu?

Pneumonia adalah suatu infeksi yang terjadi pada jaringan dan kantung udara di paru-paru. Saat kantung udara tersebut dipenuhi cairan atau nanah, bisa menyebabkan batuk berdahak, demam, menggigil, dan kesulitan dalam bernapas.

Untuk gejalanya, bisa muncul tergantung dengan usia dan keadaan kesehatannya. Gejala tersebut akan terus berkembang selama beberapa hari.

Dikutip dari WebMD, gejala umum yang muncul, seperti nyeri dada, sesak napas, batuk berdahak atau lendir, mudah lelah, nafsu makan hilang, mual, muntah, dan diare.

Penyebabnya bisa karena berbagai macam organisme, seperti bakteri, virus, dan jamur. Penyebab lainnya bisa karena virus flu, virus RSV (pada bayi atau pada anak), serta bakteri Streptococcus pneumoniae dan Mycoplasma pneumoniae.

Jika ditanya menular atau tidak, ya pneumonia ini bisa menular ke orang lain, terutama yang memiliki gaya hidup tidak sehat.

 

Sumber: Detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.