HUT Bhayangkara ke-78: Polres Kotamobagu Bersihkan Makam Pendiri Bhayangkari, Nyonya Lena Soekamto-Mokoginta

0
21
Gambar: HUT Bhayangkara ke-78: Polres Kotamobagu Bersihkan Makam Pendiri Bhayangkari, Nyonya Lena Soekamto-Mokoginta, (25/6/2024).

TNews, KOTAMOBAGU – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024, Polres Kotamobagu menggelar kegiatan penelusuran dan bakti sosial di Kelurahan Kotabangon. Kegiatan ini dilaksanakan di lokasi makam orang tua dari almarhuma Nyonya Lena Soekamto-Mokoginta, sosok pendiri organisasi Bhayangkari pertama sekaligus istri dari Kapolri pertama, almarhum Jenderal Pol Purn. RS Soekanto, Selasa (25/06/2024).

Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi SIK, menyampaikan bahwa Nyonya Lena Soekamto-Mokoginta adalah sosok yang sangat berjasa dalam sejarah Bhayangkara, khususnya dalam pendirian organisasi Bhayangkari.

“Sebagai istri dari Kapolri pertama, almarhumah Nyonya Lena Soekamto-Mokoginta, kontribusi beliau sangat besar dalam membentuk dan mengembangkan Bhayangkari hingga menjadi organisasi yang kita kenal saat ini. Fakta bahwa beliau berasal dari Kotamobagu memberikan kebanggaan tersendiri bagi kita semua,” ujar Kapolres.

Kapolres Dasveri Abdi juga menekankan pentingnya menghargai warisan yang ditinggalkan oleh Nyonya Lena Soekamto-Mokoginta. “Kami sangat menghargai warisan yang beliau tinggalkan, dan momen hari Bhayangkara ini adalah salah satu cara kami untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa beliau. Kami berharap nilai-nilai pengabdian dan dedikasi yang beliau tanamkan dapat terus diwariskan kepada generasi berikutnya,” tambahnya.

Kegiatan ini melibatkan segenap anggota Polres Kotamobagu, yang secara sukarela membersihkan dan merawat makam Nyonya Lena Soekamto-Mokoginta. Hal ini menjadi wujud nyata penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa almarhumah dan keluarganya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial semakin terjalin kuat di kalangan anggota Bhayangkara dan masyarakat Kotamobagu, sekaligus mengenang jasa para pendahulu yang telah berkontribusi besar bagi bangsa dan negara.*

Peliput: Muklas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.