Kapolres Danu Agus Purnomo Pimpin Upacara Pelantikan Sejumlah Perwira di Polres Mura

0
32
Gambar : Kapolres Danu Agus Purnomo pimpin upacara pelantikan sejumlah perwira di Polres Mura.

TNews, MUSI RAWAS – Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH, mempimpin langsung Upacara Pelantikan Wakapolres, Kasi Humas, Kasi Propam, Kasat Tahti dan Serah Terima Jabatan (Sertijab), Kabag Ops di wilayah hukum Polres Mura.

Upacara sertijab digelar di halaman Depan Mapolres Mura, di pusat Perkantoran Agropolitan Center Pemkab Mura, sekitar pukul 08.00 WIB, Selasa (16/5/2023).

Upacara sertijab dihadiri, Kabag SDM, Kompol Harisson Manik, Kabag Log, AKP Forliamzons, Kabag Ren, Kompol Nusirwan, Kasat Reskrim, AKP Muhammad Indra Prameswara SIK, MH, Kasat Narkoba, AKP Herman Junaidi, Kasat Intelkam, AKP Rudi Hartono, Kasat Lantas, AKP Fitri Dewi Utami serta para personel Polres Mura.

Diketahui, Wakapolres sebelumnya dijabat oleh, Kompol Willian Harbensyah yang kini dalam Rangka Dik Sespimen, dan posisinya digantikan sekaligus dilantik Kompol Harsono yang sebelumnya menjabat Kabag Ops Polres OI.

Lalu, Kasi Humas saat ini dijabat oleh, Iptu Herdiansyah, yang sebelumnya menjaga, KBO Lantas Polres Mura, Kasi Propam dijabat oleh, Iptu Susilo sebelumnya menjabat Kanitdik 4 Satreskrim Polres Muba, Kasat Tahti dijabat Iptu Ngadiran sebelumnya menjabat Wakapolsek Terawas.

Serta, Sertijab Kabag Ops, saat ini dijabat oleh, Kompol Johan Suseno sebelumnya menjabat Kasi Standar Cegah dan Tindak Subdikamsel Ditlantas Polda Sumsel, dan Kompol Polin EA Pakpahan saat ini menjabat Wakapolres OKU Timur.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo SIK, MH, menyampaikan arahan dan sambutannya “saya atas nama pribadi dan kesatuan mengucapkan selamat kepada personel yang telah melakukan pelantikan Wakapolres, Kasi Humas, Kasi Propam, Kasat Tahti dan Serah Terima Jabatan (Sertijab), Kabag Ops di wilayah hukum Polres Mura.

Pelantikan dan sertijab ini sesuai dengan telegram dari Bapak Kapolda Sumatera Selatan, Irjen A Rachmad Wibowo, pada 3 Mei tahun 2023, tentang pengangkatan dan pemberhentian personil pada lingkungan Polda Sumatera Selatan, dan terdapat beberapa pejabat Polres Mura, yang ikut serta dalam telegram tersebut sebagai rangkaiannya yang kita lakukan hari ini,” kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, Wakapolres sebelumnya dijabat oleh, Kompol Willian Harbensyah yang kini dalam Rangka Dik Sespimen, dan posisinya digantikan sekaligus dilantik Kompol Harsono yang sebelumnya menjabat Kabag Ops Polres OI.

Lalu, Kasi Humas saat ini dijabat oleh, Iptu Herdiansyah, yang sebelumnya menjaga, KBO Lantas Polres Mura, Kasi Propam dijabat oleh, Iptu Susilo sebelumnya menjabat Kanitdik 4 Satreskrim Polres Muba, Kasat Tahti dijabat Iptu Ngadiran sebelumnya menjabat Wakapolsek Terawas.

“Serta, Sertijab Kabag Ops, saat ini dijabat oleh, Kompol Johan Suseno sebelumnya menjabat Kasi Standar Cegah dan Tindak Subdikamsel Ditlantas Polda Sumsel, dan Kompol Polin EA Pakpahan saat ini menjabat Wakapolres OKU Timur,” jelas kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, kebanyakan kita mengetahui bersama bahwa serah terima jabatan merupakan sebuah hal yang lumrah, hal ini merupakan sebuah dinamika dalam tubuh organisasi, karena pergantian pejabat ini, merupakan sebuah rangkaian untuk penyegaran sekaligus untuk pengembangan karir personil Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dan, lebih dari itu bahwa pergantian pejabat ini diharapkan dapat lebih memperbaiki dan meningkatkan kinerja yang lebih optimal khususnya di bidang pelayanan, perlindungan dan pengayoman, kepada masyarakat demikian pula terkait dengan upaya kita melakukan penegakan hukum yang berkeadilan bermanfaat berkepastian dan kemanusiaan.

Serta menjunjung tinggi hak asasi manusia bukanlah sesuatu yang berlebihan, karena sebagaimana melakukan konstitusi bahwa Polri sebagai kekuatan bangsa bertanggung jawab secara penuh, menciptakan keamanan dan keamanan dalam negeri serta penengakan hukum.

Oleh karena itu, bukan saja membutuhkan pemantapan ke dalam secara lebih mendasar seperti peningkatan motivasi personil dan meningkatnya etos kerja, karena hal ini dapat memacu prestasi tetapi teori juga ditantang untuk lebih presisi dalam mendeteksi setiap perkembangan baik di bidang ideologi ekonomi, sosial, budaya maupun politik yang dapat melemahkan stabilitas.

Serta, berusaha menggelarkan kemampuan seperti responsif yaitu melakukan langkah-langkah atau upaya-upaya pencegahan gangguan yang berbentuk ancaman faktual seperti kasus curas, curat, curanmor, narkoba, serta senpi ilegal dan kejahatan lainnya.

“Namun walaupun demikian gangguan di wilayah hukum Musi Rawas, bukan hanya berbentuk ancaman faktual, karena masih cukup banyak ancaman berbentuk lain, yang bila tidak segera diatasi dapat mengganggu situasi dan kondisi secara umum,” tutur suami Ny Anggita Danu.

Kembali, Kapolres menjelaskan, “kepada penjabat baru, Kompol Harsono, Kompol Johan Suseno dan Iptu Susilo, Saya mewakili, Polres Mura, mengharapkan kepada para pejabat baru untuk mampu menjawab tantangan secara cepat dan bertanggungjawab, Saya minta saudara-saudara menyesuaikan diri dan mengenal lingkungan kerja dan memahami tugas pokok masing-masing.

Selain itu Saya berharap setelah pelaksanaan sertijab ini saudara bisa langsung berinovasi berkreasi dan berkarya dalam membangun dan mengembangkan kinerja saudara, pimpin, bangun komunikasi, kerjasama yang bersinergi dengan anggota, maupun masyarakat, Saya percaya dengan pengalaman dan pendidikan yang saudara miliki, saudara mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab ini, dengan sebaik-baiknya secara khusus kepada kelompok.

Selamat datang dan selamat bertugas di Polres Musi Rawas, Saya minta saudara segera menyesuaikan diri, serta Saya mengucapkan selamat atas promosi jabatan, Saya minta saudara segera bekerja, sehingga kita bisa menghasilkan hal-hal yang lebih baik kedepannya.

Dan, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada, Kompol Polin EA Pakpahan dan Iptu Marliansyah, atas segala pengabdian dan dedikasinya yang saudara berikan selama menjalankan tugas di Polres Musi Rawas, karya dan kreasi serta inovasi yang saudara ukir akan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi, Polres Musi Rawas ke depannya, Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan juga Saya sampaikan kepada Ibu Bhayangkari, Ny Stella, yang selalu setia mendampingi saudara selama bertugas di Polres Musi Rawas.

Saya juga mengingatkan kepada seluruh personel Polres Mura, bahwa jabatan yang kita emban, merupakan amanah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan, oleh sebab itu marilah kita laksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya serta dengan penuh rasa tanggung jawab,” tuturnya.

Sementara itu, Kanit Tipidkor, Iptu Marliansyah mengucapkan terima kasih atas segala petunjuk dan bimbingan selama menjalankan tugas di Polres Mura, selama empat tahun enam bulan, mulai dari Polsek Muara Beliti hingga ke Satreskrim Polres Mura.

“Untuk itu saat melaksanakan tugas tidak luput dari salah dan khilaf, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala salah dan khilaf. Selanjutnya mohon izin komandan mohon doa dan restu pamit untuk melaksanakan tugas baru di Polres Lahat sebagai Polsek Pulau Pinang, dan berkenaan kepada komandan dan senior rekan-rekan sekalian untuk mampir Polsek Pulau Pinang,” tutupnya.*

Reporter : Zainuri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.