Momentum Bersejarah! Baret Merah Reskrim Kembali Dipergunakan

0
194
Gambar : Baret Merah Reskrim Kembali Dipergunakan.

TNews, KOTAMOBAGU – Pada Upacara Kenaikan Pangkat Personil Polres dan Brimob Inuai TMT 1 Januari 2024 menjadi momen bersejarah yakni penggunaan kembali baret merah Reserse Kriminal (Reskrim) melalui Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pakaian Dinas Pegawai Negeri Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi SIK tampak ikut berfoto bersama dengan personel Satuan Reskrim yang kala itu sedang merayakan kenaikan pangkat, Minggu (31/12/2023). Baret merah Reskrim bukanlah hal baru namun merupakan baret yang telah lama digunakan oleh bidang Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) dan bidang Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus).

Kehadiran baret merah Reskrim dalam upacara tersebut telah mengakar dalam sejarah panjang kepolisian Republik Indonesia. Baret merah ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas bidang Reskrim.

Baret merah, dengan warnanya yang mencolok, bukan sekadar simbol. Ia memancarkan semangat dan tanggung jawab yang besar bagi setiap personel yang memakainya. Kembalinya baret merah Reskrim menjadi momentum yang menggugah semangat kembali akan sejarah kepolisian, menyiratkan komitmen yang lebih kuat terhadap tugas-tugas penegakan hukum yang semakin kompleks di era modern saat ini.

Menurut Kapolres AKBP Dasveri Abdi SIK, penggunaan kembali baret merah Reskrim bukan sekadar penghormatan atas masa lalu, tetapi juga perwujudan dari komitmen untuk terus berkembang dan memperkuat integritas serta profesionalisme dalam menghadapi dinamika yang terus berubah.

Perjalanan panjang baret merah Reskrim dalam sejarah kepolisian Indonesia membangkitkan semangat baru dalam menjalankan tugas-tugas penegakan hukum yang semakin kompleks dan dinamis. Hal ini menggarisbawahi bahwa kepolisian tidak hanya menghormati tradisi, namun juga terus beradaptasi dan berinovasi untuk menjawab tuntutan zaman yang terus berkembang.*

Reporter : Muklas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.