Astaga! Para Napi Ini Berupaya Kena Corona Agar Bebas Dari Penjara

0
165

TNews, INTERNASIONAL – Sekelompok narapidana (napi) di California, Amerika Serikat (AS), berupaya menginfeksi dirinya dengan virus Corona (COVID-19) agar bisa bebas lebih awal dari penjara. Rekaman video menunjukkan para napi ini mengendus masker bekas pakai dan minum menggunakan gelas yang sama.

Seperti dilansir AFP, Selasa (12/5/2020), beberapa napi di sebuah penjara di Castaic, Los Angeles bagian utara, terekam CCTV sedang berbagi gelas dan mengendus masker bekas pakai, sambil berkerumun.

“Entah bagaimana, ada beberapa keyakinan salah di kalangan populasi narapidana bahwa jika mereka dinyatakan positif (virus Corona), maka ada cara untuk memaksa, untuk membebaskan lebih banyak narapidana dari lingkungan penjara — dan itu tidak akan terjadi,” tegas Sheriff Los Angeles County, Alex Villanueva.

Sekitar 21 narapidana dinyatakan positif Corona di area penjara yang terekam CCTV. “Sebagai dampak dari perilaku itu,” cetus Villanueva.

Aktivitas para napi ini terungkap saat otoritas penjara menyelidiki peningkatan kasus virus Corona di dalam penjara, dengan nyaris 40 persen napi di Los Angeles County kini dalam karantina. Diketahui bahwa Los Angeles County saat ini tercatat memiliki 11.700 napi, setelah lebih dari 5 ribu napi dibebaskan sebagai bagian langkah menghindari bencana wabah virus Corona di dalam penjara.

Secara keseluruhan, 357 napi di Los Angeles County dinyatakan positif virus Corona.

Dalam pernyataan terpisah, Letnan John Satterfield dari kantor Sheriff Los Angeles County menyebut rekaman video itu ‘hanyalah sampel dari banyak video lainnya yang sedang dikaji dan digunakan dalam penyelidikan yang sedang berlangsung’.

Sebuah video lainnya menunjukkan para napi meminum air panas demi menaikkan suhu tubuh sebelum perawat melakukan pemeriksaan medis. Disebutkan Villanueva, para napi ini ‘secara keliru berupaya meningkatkan bacaan suhu’ untuk menirukan salah satu gejala virus Corona.

Atas hal ini, tidak ada satupun napi yang mengaku ingin menginfeksi diri mereka dengan virus Corona. Advokasi reformasi penjara menyangkal klaim Villanueva dan menuduhnya berupaya ‘menjelekkan orang-orang yang dipenjara’.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.