Bos NASA Khawatir Rusia Mau Cabut dari ISS

0
447

TNews, INTERNASIONAL – Rusia berencana meninggalkan International Space Station pada tahun 2024 dan membangun stasiun luar angkasanya sendiri. Rencana ini membuat NASA khawatir akan hubungan Amerika Serikat dan Rusia di luar angkasa. AS dan Rusia sudah bermitra mengoperasikan ISS selama 23 tahun. Di saat Rusia mengancam akan cabut dari ISS pada tahun 2024, Administrator NASA Bill Nelson mengatakan pemerintah AS berharap kerjasama ini bisa berlangsung setidaknya sampai tahun 2030. “Jika Rusia menarik diri, itu tidak akan berakhir baik,” kata Nelson seperti dikutip, Senin (7/6/2021).

Hubungan AS-Rusia menjadi semakin rumit karena Rusia sudah memberi sinyal akan bekerjasama dengan China untuk menjelajahi luar angkasa. Rusia dan China belum lama ini menandatangani MoU untuk bersama-sama membangun markas di Bulan. Sedangkan NASA dilarang bekerjasama dengan China karena aturan Wolf Amendment yang melarang badan antariksa AS untuk berdiskusi dan bekerjasama dengan China tanpa persetujuan eksplisit dari FBI dan Kongres AS. “Jika Rusia mulai bergantung pada China, maka saya perkirakan kita akan memiliki perlombaan baru untuk menuju Bulan dengan China dan Rusia melawan AS,” kata Nelson.

“Selama beberapa dekade, sudah hampir 45 tahun lebih kami bekerjasama dengan Rusia di luar angkasa, dan saya ingin kerjasama itu berlanjut,” sambungnya. Belum lama ini Nelson menghubungi bos badan antariksa Rusia Roscosmos, Dmitry Rogozin. Dalam keterangan resmi Roscosmos, Nelson sempat mengungkit keinginannya untuk tetap bekerjasama mengoperasikan ISS sampai 2030 dan Rogozin menyatakan dukungannya kepada Nelson. Tapi Rogozin pernah beberapa kali menjelek-jelekkan bisnis roket AS, terutama SpaceX.

Rogozin juga yang pertama kali mengumumkan kepada media lokal bahwa Rusia akan meluncurkan stasiun luar angkasanya sendiri pada 2030. Sepertinya untuk saat ini AS dan Rusia akan terus bermitra untuk mengoperasikan ISS. Press Secretary NASA Jackie McGuinness mengatakan Rusia sudah menjalankan rencana perbaikan ISS dan masih menjadwalkan penerbangan kosmonaut ke laboratorium luar angkasa tersebut. “Itu bukan tanda-tanda bahwa mereka mencoba menarik diri,” kata McGuinness.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.