Ini Kata Korea Selatan Dibalik Misteri Kematian Kim Jong Un

0
320

TNews, INTERNASIONAL – Kabar meninggalnya petinggi Korea Utara, Kim Jong Un semakin santer terdengar. Hanya saja, kabar duka tersebut masih simpang siur. Belum ada konfirmasi resmi dari pihak terkait. Sementara itu, pihak Korea Selatan angkat bicara soal kabar meninggalnya Kim Jong Un. 
Melansir dari CNN World, penasihat Presiden Korea Selatan untuk urusan luar negeri, Moon Chung In mengatakan bahwa Kim Jong Un dalam keadaan sehat dan tengah berada di Wonsan, sebuah kota resor di timur Korut sejak 13 April lalu.

“Posisi pemerintah kita tegas dan sejauh ini tak ada gerakan yang mencurigakan terdeteksi,” ujarnya ketika diwawancara CNN, Minggu (26/4).

Spekulasi terkait kondisi kesehatan Kim bermula saat ia tak hadir di perayaan ulang tahun mendiang kakeknya, Kim Il Sung pada 15 April lalu.

Ia juga tak memperlihatkan sosoknya di publik sejak memimpin rapat politbiro Partai Pekerja Korut tanggal 11 April lalu.

Sehari setelahnya, media pemerintah Korut melaporkan Kim memeriksa jet tempur di unit pertahanan udara. Namun, karena Kim tak muncul pada 15 April lalu, media mengeluarkan isu soal spekulasi kesehatan Kim.

Sementara pihak Korsel mengaku tak mengetahui informasi apapun soal kesehatan Kim Jong Un.

“Kami tak memiliki informasi apapun dan tak ada gerakan khusus yang terdeteksi di wilayah Korut hingga sekarang,” ujar pihak kantor Kepresidenan Korsel, pekan lalu.

Namun, menurut pihak media online yang dijalankan para pembelot dari Korut, Daily NK, menyatakan bahwa Kim telah pulih usai menjalani prosedur kardiovaskular di awal April.

Sebelumnya, Kim diketahui menjalani operasi kardiovaskular karena terlalu banyak merokok, obesitas dan kelelahan, hingga muncul informasi dari pihak intelijen Amerika Serikat bahwa Kim berada dalam ‘bahaya besar’ setelah menjalani operasi.

Diketahui, isu kematian Kim Jong Un bukanlah menjadi hal pertama. Kabar kematian Kim Jong Un sempat merebak di tahun 2014 ketika ia tak muncul di hadapan publik selama enam minggu usai dikabarkan menjalani operasi  pengangkatan kista dari pergelangan kakinya.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.