Ini Masjid Al Ahmar yang Diubah Israel Jadi Bar

0
95

TNews, INTERNASIONAL – Israel mengubah fungsi Masjid Al Ahmar menjadi bar dan aula pesta pernikahan pada 2019 lalu. Masjid ini merupakan bangunan bersejarah milik warga Palestina sejak abad ke-13 yang berada di kota Safed.

Berdasarkan laporan surat kabar Al-Quds-Al-Arabi fungsi masjid ini diubah oleh perusahaan yang berafiliasi dengan pemerintah Israel. Nama bangunan ini juga diubah dari Masjid Al-Ahmad menjadi Khan Al-Ahmad.

Sejarawan asli Safed, Dr Mustafa Abbasi, menjelaskan Masjid Al-Ahmar yang dibangun pada 1276 ini memiliki nilai historis dan arsitektur yang langka. Nama Al-Ahmar berasal dari batu berwarna merah pada bangunannya.

“Hari ini, masjid ini digunakan dalam berbagai cara tetapi bukan sebagai ruang sholat bagi umat Islam,” kata Dr. Abbasi, seperti dikutip Gulf News.

Pada tahun 1948, masjid ini dikuasai oleh sejumlah kelompok Yahudi. Sejak itu fungsi masjid berubah-ubah, mulai dari sekolah Yahudi, pusat kampanye pemilu partai Likud dan gudang pakaian.

Sementara, Sekretaris Safed and Tiberias Islamic, Khair Tabari mengatakan ia menunggu keputusan pengadilan Nazaretuh terkait gugatan yang diajukan untuk meminta mengembalikan fungsi bangunan bersejarah itu menjadi masjid.

“Saya telah menyerahkan dokumen untuk membuktikan kepemilikan umat Islam atas masjid tersebut,” ujarnya.

Ia juga mendorong berbagai lembaga politik untuk meningkatkan kerja sama demi menyelamatkan bangunan masjid dari penyalahgunaan. Pasalnya, pengubahan fungsi masjid membuat terbuka untuk digunakan semua orang kecuali umat Islam.

Kota Safed merupakan daerah yang pernah dihuni 12 ribu warga Palestina. Kemudian mereka diusir dari rumah mereka sendiri oleh pemerintah Israel pada 1948.

 

Sumber: Cnnindonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.