Kasus Corona Melonjak, Negara Ini Siapkan Ribuan Kuburan

0
297

TNews, JAKARTA-Ribuan kuburan baru tengah digali di kawasan pemakaman utama di Santiago, ibu kota Chile di tengah meningkatnya kasus infeksi virus Corona di negeri Amerika Selatan itu.

Kasus infeksi Corona di Chile melonjak pekan ini, hingga mendorong pemerintah mengumumkan lockdown (penguncian) sekitar 7 juta jiwa penduduk di Santiago mulai Jumat (15/5) ini.

Negeri itu tadinya mencatat antara 350 dan 500 kasus baru dalam sehari, namun kemudian terjadi lonjakan kasus pada akhir pekan lalu. Hingga Rabu (13/5) waktu setempat, sebanyak 2.600 kasus baru tercatat dalam waktu 24 jam, dengan angka yang nyaris sama pada Kamis (14/5) waktu setempat.

“Kami menyadari bahwa ini momen bersejarah dan kami mungkin memerlukan kuburan baru, karena kami melihat apa yang terjadi di negara-negara lain,” ujar direktur pemakaman Rashid Saud kepada kantor berita AFP, Jumat (15/5/2020).

Disebutkan bahwa para penggali makam tengah menyiapkan sekitar 2 ribu kuburan baru untuk menghadapi pandemi Corona, yang sejauh ini telah merenggut 368 nyawa di Chile sejak 3 Maret lalu.

“Kami harus membandingkannya dengan negara-negara lain yang telah menggunakan kuburan massal, dengan negara-negara yang mengalami orang-orang yang tewas di jalanan dan mayat-mayat yang membusuk di truk. Itulah yang ingin kami hindari dan mudah-mudahan kami tidak perlu menggunakannya,” ujar Saud tentang kuburan-kuburan baru yang digali tersebut.

Kepala serikat pekerja pemakaman, Luis Yevenes, mengatakan, dirinya prihatin dengan situasi di kota-kota Chile lainnya, seraya menyebut “kurangnya kemampuan” di Valparaiso dan Vina del Mar di Chile tengah, dan kota-kota Concepcion dan Talcahuano, yang lebih jauh ke selatan.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.