Paus Fransiskus Dukung Pasangan Sesama Jenis

0
349

TNews, INTERNASIONAL – Paus Fransiskus mengatakan bahwa menurutnya pasangan sesama jenis harus diizinkan untuk memiliki persatuan sipil yang diakui secara hukum. Hal ini disampaikan Paus dalam sebuah film dokumenter terbaru.

Kendati demikian, Paus Fransiskus tetap tidak mengubah pandangannya yang menentang pernikahan sejenis. Dia menegaskan bahwa pernikahan seharusnya hanya antara seorang pria dan wanita. Demikian seperti dilansir AFP, Kamis (22/10/2020).

Dalam dokumenter yang ditayangkan perdana di Festival Film Roma, pada Rabu (21/10) waktu setempat, Paus Fransiskus menyebut pasangan sesama jenis sebagai ‘anak-anak Tuhan’.

“Mereka ini anak-anak Tuhan, mereka memiliki hak atas sebuah keluarga,” cetus Paus Fransiskus dalam dokumenter tersebut.

“Apa yang harus kita ciptakan adalah hukum persatuan sipil, mereka memiliki hak untuk dilindungi secara hukum. Saya telah membela itu,” ucap Paus Fransikus dalam dokumenter berjudul ‘Francesco’ karya pembuat film Evgeny Afineevsky.

Dukungan Paus Fransikus untuk persatuan sipil bagi pasangan sesama jenis ini menjadi perubahan radikal dari Paus sebelumnya. Namun menurut biografer Austen Ivereigh, Paus Fransiskus telah sejak lama menunjukkan dukungan untuk serikat sipil bagi pasangan sejenis, khususnya sejak dia masih menjabat Uskup Agung Buenos Aires dan dikenal sebagai Jorge Bergoglio.

Meskipun secara terang-terangan berbicara soal serikat sipil pasangan sejenis, Paus Fransiskus juga selalu menyuarakan pertentangan terhadap pernikahan sejenis.

“Pernikahan adalah kata bersejarah. Selalu di antara manusia, dan tidak hanya di dalam Gereja, itu telah terjadi antara seorang pria dan seorang wanita. Anda tidak bisa mengubahnya begitu saja,” ucap Paus Fransiskus kepada pakar sosiologi Prancis, Dominique Wolton, dalam wawancara tahun 2017 lalu.

“Sejak awal masa Kepausan, Paus telah berbicara soal penghormatan terhadap kaum homoseksual dan menentang diskriminasi terhadap mereka,” sebut pakar Vatikan, Vania de Luca, kepada RaiNews. “Hal baru pada hari ini adalah dia membela hukum serikat sipil sebagai Paus,” jelasnya.

Setelah menjadi Paus tahun 2013, Paus Fransiskus memberikan sambutan yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada individu-individu dari komunitas LGBT, dengan melontarkan ungkapannya yang terkenal yang berbunyi: “Siapa saya untuk menghakimi?”

Paus Fransiskus menyambut baik pasangan sejenis yang datang ke Vatikan dalam beberapa kesempatan.

Film dokumenter berdurasi dua jam ini membahas soal tujuh tahun masa Kepausan dan perjalanan Paus Fransiskus.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.