Tangkal Corona, Trump Mengaku Konsumsi Obat Malaria

0
57

TNews, INTERNASIONAL – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan dirinya mengonsumsi hidroksiklorokuin untuk menangkal virus corona. Padahal, menurut sejumlah kajian, obat malaria itu tidak terbukti ampuh dalam melawan Covid-19.

Berbicara di Gedung Putih, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa baru-baru ini dia mulai mengonsumsi obat untuk penyakit malaria dan lupus tersebut.

“Saya mengonsumsinya selama sekitar satu setengah pekan dan saya masih di sini, saya masih di sini,” ujarnya.

Sejauh ini belum ada bukti bahwa hidroksiklorokuin dapat menangkal virus corona, walau uji klinis tengah berlangsung.

Ketika ditanya apa bukti yang dimilikinya bahwa obat itu berfaedah, Trump berkata: “Ini bukti saya, saya mendapat banyak mendapat kabar positif mengenainya.”

Trump, yang berulang kali menyanjung hidroksiklorokuin, menyebut banyak tenaga kesehatan mengonsumsi obat tersebut.

“Anda akan terkejut betapa banyak orang mengonsumsinya, terutama para pekerja di garis depan sebelum mereka tertular. Para pekerja di garis depan, banyak, banyak yang meminumnya,” paparnya kepada para wartawan.

“Kebetulan saya juga mengonsumsinya.”

Apa yang dikatakan lembaga kesehatan AS?

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC), mengatakan tidak ada bukti obat-obatan atau jenis terapi yang bisa mencegah atau menangani Covid-19.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) bulan lalu merilis arahan bahwa hidroksiklorokuin “tidak tampak aman dan efektif”.

FDA mengutip sejumlah laporan bahwa obat tersebut bisa menyebabkan masalah ritme jantung pada pasien-pasien Covid-19.

Lembaga itu mewanti-wanti agar obat tersebut tidak digunakan di luar rumah sakit. Izin telah dikeluarkan untuk penggunaan sementara jika uji klinis tidak bisa dilakukan.

Apa hal lain yang dikatakan Trump?

Saat ditanya apakah staf dokter Gedung Putih merekomendasikan agar dirinya mengonsumsi obat itu, Trump mengaku telah bertanya soal itu.

“Saya bertanya kepadanya, ‘bagaimana menurutmu?’ Dia berkata, ‘ya kalau Anda menginginkannya’. Saya bilang, ‘Ya, saya menginginkannya.'”

Sang presiden mengklaim dirinya mengalami “nol gejala” virus corona dan sering diuji. Dia menambahkan, dirinya juga mengonsumsi suplemen zinc harian.

Trump mengklaim bahwa hidroksiklorokuin “sepertinya punya dampak”.

“Mungkin [berdampak], mungkin tidak. Tapi jika tidak, Anda tidak akan sakit dan mati.”

Ditambahkannya: “Saya sudah mendengar banyak cerita bagus dan jika tidak bagus, saya katakan saya tidak akan sakit oleh karenanya.”

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, mengatakan bahwa sejauh ini tidak ada bukti definitif terhadap efektivitas Klorokuin, tetapi uji coba berkelanjutan sedang dilaksanakan. (Getty Images)

Trump menepis berbagai laporan mengenai efek samping buruk akibat mengonsumsi hidroksiklorokuin. Menurutnya, “satu-satunya hal negatif” yang dia dengar adalah dari sebuah kajian yang mencermati ketika obat itu diberikan kepada “orang dalam kondisi yang luar biasa parah”.

Dia juga mengklaim bahwa “laporan yang sangat tidak saintifik” dilakukan oleh “orang-orang yang bukan fans Trump”.

Trump tampaknya merujuk pada kajian awal pada April lalu terhadap sejumlah pasien Covid-19 di rumah sakit yang dikelola pemerintah AS untuk para veteran militer. Kajian itu menyebut hidroksiklorokuin tidak punya faedah dan bahkan mungkin menyebabkan kematian lebih banyak.

“Saya mendapat berita positif yang luar biasa mengenai hidroksi, dan saya katakan.apa salahnya?” kata Trump. “Pada suatu titik, saya akan berhenti.”

Selama beberapa pekan terakhir Trump selalu mendorong obat tersebut sebagai obat yang berpotensi mencegah atau menyembuhkan pasien-pasien Covid-19, meski sejumlah pejabat pemerintah di bidang kesehatan memberi peringatan.

Bagaimana pendapat para ahli kesehatan?

Menurut para dokter, obat itu punya potensi menimbulkan efek samping, termasuk gejala gagal jantung, pemikiran bunuh diri, serta tanda-tanda penyakit liver.

Kalaupun digunakan, mereka menyebut obat itu harus dipakai “dengan sangat berhati-hati”.

Dua kajian terkini, yang keduanya melibatkan sekitar 1.400 pasien Covid-19 di New York, tidak menemukan manfaat apapun dari konsumsi hidroksiklorokuin.

Kajian lainnya yang dilakoni beberapa peneliti Prancis melibatkan 84 pasien rumah sakit yang mengonsumsi obat itu dan 97 lainnya yang menjalani perawatan standar. Hasilnya, hidroksiklorokuin disebut tidak punya dampak lebih baik atau lebih buruk.

Bulan lalu, Asosiasi Medis Amerika, Asosiasi Apoteker Amerika, dan Komunitas Apoteker Sistem Kesehatan Amerika, merilis pernyataan bersama yang menentang penggunaan hidroksiklorokuin serta beberapa obat lainnya sebagai pencegahan Covid-19.

Maish pada bulan April, mantan direktur badan vaksin pemerintah AS, Dr Rick Bright, mengklaim bahwa dirinya dipecat karena menolak mempromosikan hidroksiklorokuin.

Departemen Kesehatan menolak tudingan Dr Rick Bright. Presiden Trump menyebutnya karyawan yang “tidak puas”.

 

Sumber: Detik.com

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.