Trump Juluki Virus Corona ‘Kung Flu’

0
50
WASHINGTON, DC - MARCH 6: U.S. President Donald Trump speaks during a meeting with Swedish Prime Minister Stefan Lofven in the Oval Office of the White House March 6, 2018 in Washington, D.C. Trump and Lofven were expected to discuss Trump's announcement last week of planned tariffs on imported steel and aluminum. (Photo by Andrew Harrer-Pool/Getty Images)

TNews, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali melontarkan ungkapan rasis dengan menyebut ‘kung flu’ sebagai kata ganti untuk virus Corona COVID-19 pada kampanye di Tulsa, Oklahoma pada Sabtu (20/6/2020).

Dilansir dari laman The Guardian, tindakan tersebut dikaitkan dengan China, sebelumnya Trump menyebut virus Corona sebagai ‘virus China’ atau ‘virus Wuhan’.

Deretan ungkapan rasis Trump soal virus Corona ini pun telah memicu kemarahan sejumlah kelompok, yang kemudian memperingatkan Trump bahwa bahasa seperti itu dapat menimbulkan rasisme dan kekerasan terhadap warga Amerika Serikat keturunan Asia.

“Virus ini memiliki lebih nama dari pada penyakit lain dalam sejarah. Saya menamainya kung flu. Saya bisa menyebutkan 19 versi nama yang berbeda,” ujar Trump saat berkampanye.

“Tidak rasis sama sekali. Itu berasal dari China. Saya hanya ingin menjadikannya akurat,” tambanya.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menghimbau untuk tidak menggunakan ungkapan yang menghubungkan virus Corona dengan China untuk menghindari stigma.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.