Usai Sembuh Dari Corona, Pasien-pasien Ini Kembali Terjangkit

0
409

TNews, INTERNASIONAL – Lebih dari 50 pasien virus Corona (COVID-19) di Korea Selatan (Korsel) yang telah sembuh dan dipulangkan dari karantina, kembali dinyatakan positif usai pemeriksaan terbaru. Kasus-kasus ini sedang diselidiki oleh otoritas kesehatan Korsel.

Seperti dilaporkan kantor berita Korsel, Yonhap News Agency, Senin (6/3/2020), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korsel (KCDC) mengungkapkan bahwa 51 orang dari Daegu dan Provinsi Gyeongsang Utara — pusat penyebaran virus Corona di Korsel — telah dinyatakan positif virus Corona untuk kedua kalinya.

Puluhan orang itu kembali dinyatakan positif virus Corona setelah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari karantina.

Direktur KCDC, Jeong Eun-kyeong, menyebut kasus-kasus ini menunjukkan kemungkinan besar virus Corona pada orang-orang tersebut, aktif kembali (reactivated). Jeong menegaskan bahwa orang-orang itu tidak terinfeksi kembali (reinfected), karena mereka kembali dinyatakan positif virus Corona dalam waktu relatif singkat usai dipulangkan dari karantina.

Otoritas kesehatan Korsel menyatakan tim penyidik telah dikirimkan ke Daegu untuk melakukan penyelidikan epidemiologi terhadap kasus-kasus tersebut.

Dalam analisis terpisah, sejumlah pakar virus dan epidemiologi menyatakan bahwa hasil positif dari pemeriksaan ulang mungkin berasal dari virus yang aktif kembali dan bukan karena diagnosis yang salah.

“Ada pola level virus yang menurun dan meningkat kembali. Sebuah penyelidikan harus dilakukan secara menyeluruh untuk mengetahui apakah levelnya cukup rendah untuk menunjukkan negatif,” kata pakar penyakit menular pada Universitas Katolik Korea, Jegal Dong-wook.

Para pakar juga menyebut bahwa virus Corona mungkin tetap tersembunyi di sel-sel tertentu dalam tubuh dan kembali menyerang organ pernapasan begitu aktif kembali.

“Para pasien yang kembali dinyatakan positif merupakan orang-orang yang virusnya aktif kembali atau kambuh lagi,” ujar pakar penyakit menular di Rumah Sakit Universitas Soochunyang, Kim Tae-kyung.

Diketahui bahwa seorang pasien virus Corona dinyatakan sembuh sepenuhnya setelah menunjukkan hasil negatif dalam dua kali pemeriksaan yang dilakukan dalam jangka waktu 24 jam.

Pada Senin (6/4) waktu setempat, otoritas Korsel mengumumkan 47 kasus baru dalam sehari, sehingga jumlah total kasus positif virus Corona menjadi 10.284 kasus. Jumlah itu tercatat sebagai jumlah kasus baru terendah dalam sehari di Korsel sejak akhir Februari lalu.

Sumber : Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.