Investasi Kelapa Sawit Masuk Touna, Bupati Akui Belum Ada Pemberitahuan

0
41
Bupati Touna, Muhammad Lahay

TNews, AMPANA SULTENG – Hadirnya pengembangan kelapa sawit di Touna memang suatu hal yang patut di apresiasi. Pasalnya dengan adanya Investasi kelapa sawait di wilayah Kabupaten Touna diharapkan mampu membuka lapangan kerja bagi Masyarakat kita.

Saat ini dari informasi yang di himpun media ini perusahaaan sawit akan segera melakukan pembukaan lahan (Learn Claring) di wilayah kecamatan Ulubongka. Hal itu terungkap dengan hadirnya pihak pengelola saat ini yang mulai mencari alat berat untuk melakukan pembukaan lahan sawit di wilayah Tojo dan Bongka.

Sementara itu dikonfirmasi langsung kepada bupati Touna, Muhammad  Lahay belum mengetahui adanya pembukaan lahan sawit di wilayah Tojo dan Bongka. “Bongka mana yang akan dibuka lahan sawit tanya bupati? Belum ada laporan yang masuk ke saya,” ungkapnya.

Namun dia berharap dengan masuknya investasi  di Kabupaten Touna hal ini nantinya bisa membuka lapangan pekerjaa bagi Masyarakat kita.

Terpisah kepala Dinas  Penanaman Modal pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tojo Una Una melalui Kasi Pelayanan Perizinan Rifki saat dikomformasi mengatakan untuk izin pembukaan lahan sawit belum ada yang mengurus izin di sebabkan masih Moratorium pembukaan Lahan.

Menurut Rifki memang sudah pernah ada yang datang untuk melakukan pengurusan. “kalau tidak salah dari Malaysia namun setelah kita di tegur dari Provinsi terkait Moratorium ini, makas kita kembalikan semua berkas mereka,” ungkapnya.

Dia tegaskan lagi bahwa belum ada pembukaan Lahan karena Masih Moratorium, dan ini  berdasarkan Aturan yakni Intruksi Presiden Repubik Indonesia  Nomor 8 Tahun 2018 tentang Penundaan dan evaluasi perizinan perkebunan kelapa sawit serta peingkatan produktivitas perkebunan kelapa sawit.

 

Peliput : DALES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.