Gathering Bersama Mitra Jadi Sarana DPRD Kendal Bangun Sinergitas

0
58
Gambar : Gathering Bersama Mitra Jadi Sarana DPRD Kendal Bangun Sinergitas, (24/11/2023).

TNews, KENDAL – Guna menjalin kebersamaan serta meningkatkan sinergitas dengan wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menjadi mitra, Humas DPRD Kendal menggelar Gathering bersama. Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari berturut-turut, pada Jumat-Minggu 24-26 November 2023 di Hotel @HOM Timoho Yogyakarta.

Kegiatan ini mengambil tema “Meningkatkan Sinergitas Wartawan, dan LSM di Era Digitalisasi dalam Mensosialisasikan Kebijakan Pembangunan Daerah Kabupaten Kendal”.

Sekretaris DPRD Kendal, Anwar Haryono mengatakan, acara Gathering bersama mitra merupakan kegiatan rutin yang dilakukan DPRD Kendal setiap setahun sekali. “Ini demi meningkatkan sinergitas antara DPRD Kendal bersama dengan para mitra,” tuturnya.

Dia juga berharap dengan kegiatan ini, sinergitas antara DPRD Kendal bersama dengan wartawan dan LSM semakin meningkat. “Apabila di kami ada kekurangan, kami juga sangat terbuka untuk dikritisi,” harapnya.

Acara juga dihadiri oleh Ketua dan Wakil DPRD Kabupaten Kendal, Muhammad Makmum dan Maberur, Sekwan Kendal Anwar Haryono, Kadis Kominfo Ardi Prasetyo, Humas DPRD Kota Jogyakarta, DR. Edi Wijayanti, AMK, SE, MH.Kes Kabag Umum Setwan Kendal, Arif Musbichin, dan dari Polres Kendal.

Sementara Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan bahwa awak media, LSM, maupun organisasi kemasyarakatan (Ormas) harus dapat mengawal berbagai program kebijakan pembangunan yang ada di Kabupaten Kendal.

Ditegaskan pula para awak media, LSM maupun Ormas lebih awas dan menyatu dengan masyarakat, sehingga informasinya lebih terkolaborasi. Menurutnya, saat ini ideologi yang terjadi yaitu “ideologi viral”. Karena kalau sudah viral itu cepat ditangani.

“Semua yang terjadi di Kendal, yang memviralkan itu ya yang ada di ruangan, ya panjenengan semua. Sehingga mau tidak mau, Kabupaten Kendal membutuhkan orang-orang seperti panjenengan semua. Supaya bagaimana pembangunan di Kabupaten Kendal bisa berlanjut sesuai yang kita harapkan,” katanya.

Makmun mengungkapkan, tanpa adanya sinergi dengan awak media, LSM dan juga Ormas, kinerja DPRD kurang tersampaikan kepada masyarakat luas. Terutama insan media, bisa mengakses kegiatan-kegiatan yang ada di DPRD, sehingga menjadi bagian dari simbiosis mutualisme.

“Jadi dengan Gathering, kolaborasi yang terjalin dengan baik bisa terus terjaga dengan baik. Wujud kolaborasinya yaitu dengan kegiatan Gathering. Untuk itu, Saya mengapresiasi dilaksanakan kegiatan ini, dalam rangka untuk mempererat silaturahmi,” tambahnya.

Sedangkan pemateri dari Humas DPRD Kota Jogyakarta, DR. Edi Wijayanti, AMK, SE, MH.Kes menyampaikan tentang meningkatkan SDM dan mengubah Mindset masyarakat (publik) dimulai dari diri sendiri.

“Kecepatan penyebaran informasi di era digital ini yang disajikan oleh media sosial, menjadi tekanan wartawan untuk bergerak cepat dalam menyajikan berita yang akurat, terpercaya, dan bertanggung jawab,” jelasnya.*

Reporter : Suly

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.