Besama Anggota Komisi IV DPR-RI, Wabup Lampung Utara Serahkan Bantuan Alsintan bagi Kelompok Tani

0
128

TNews, LAMPUNG UTARA – Wakil Bupati (Wabup) Lampung Utara, Ardian Saputra bersama anggota DPR-RI komisi IV, Alimin Abdullah menyerahan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada perwakilan puluhan kelompok tani yang ada di Kabupaten Lampura di gedung aula dinas pertanian Kabupaten setempat, Senin, (21/11).

Bantuan tersebut merupakan hasil serap aspirasi masyarakat khususnya para petani yang tergabung dalam kelompok pertanian yang diusung oleh Alimin Abdullah anggota DPR-RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) dapil Lampung II.

Wabup Lampura, Ardian Saputra dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas terealisasi bantuan program pertanian untuk para kelompok tani yang ada di Kabupaten setempat. Dihadapan para tamu undangan yang hadir, Ardian Saputra menegaskan bantuan tersebut bukanlah dari perorangan, melainkan murni hasil serap aspirasi yang diusung oleh politisi senior dari PAN Alimin Abdullah yang saat ini tergabung di komisi IV DPR-RI periode 2019-2024.

Menurutnya bantuan yang diturunkan di Kabupaten Lampura yang juga kampung halaman dari dewan Senayan tersebut sangat luar biasa, terlebih pengajuan proposal tersebut dapat dikatakan sangat singkat, namun bisa terealisasi pada tahun ini juga.

“Sangat luar biasa bantuan yang diberikan kepada petani yang ada di Kabupaten Lampung Utara ini, bagi kelompok tani yang lain harus segera berkoodinasi dengan pihak pemdes dan dinas pertanian untuk mengusulkan lebih banyak lagi keperluan petani di tahun 2023 mendatang,” ucap dia.

Sementara itu, anggota DPR-RI komisi IV, Alimin Abdullah mengatakan dirinya saat ini tengah mengejar program-program bantuan untuk petani yang ada di Kementerian Pertanian (Kementan) RI guna dibawa ke kampung halamannya. Ia mengakui dirinya memang belum lama duduk di komisi IV yang  juga menangani seputar dunia pertanian, namun ia yakin dan berkomitmen untuk terus bekerja dan bertekad memajukan dunia pertanian khususnya para kelompok tani yang ada di Kabupaten dengan juluk Bumi Ragem Tunas Lampung itu.

“Mudah-mudahan keterlambatan saya ini, Wawbisa saya susul sampai akhir periode untuk membantu seluruh petani yang ada di Kabupaten Lampung Utara untuk mendapatkan banyak program bantuan yang berkenaan langsung dengan para petani,” ujar politisi senior penyandang gelar insinyur tersebut.

Ia berharap bantuan yang telah diterima oleh kelompok tani disana dapat digunakan sebaik mungkin. Peralatan pertanian yang telah diberikan diminta untuk tetap dipelihara dan dimanfaatkan bersama-sama.

“Tolong dijaga, dirawat dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Sebab yang sudah menerima bantuan kelompoknya itu sudah tercatat dan kemungkinan tidak bisa lagi mendapatkan bantuan serupa, karena masih banyak kelompok tani lainnya yang juga belum mendapatkan bantuan Alsintan,” tuturnya.

Adapun bantuan Alsintan yang diserahkan kepada puluhan kelompok tani yakni, Handtractor sebanyak 21 unit, Cultivator 2 unit, Handsprayer 48 unit, Combine Harvester 1 unit, serta pembangunan jalan usaha tani 4 titik, unit pengolah pupuk organik 8 titik, jaringan irigasi tersier sebanyak 7 titik tersebar, juga ribuan bibit pohon buah-buahan seperti alpukat, durian, dan bibit pohon pisang.

Reporter : Wawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.