Wabup Ardian Resmikan Bangunan Pasca Panen Holtikultura Desa Bumi Restu

0
60

TNews, LAMPUNG UTARA – Kotabumi Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra, meresmikan dan serah terima bangunan bangsal pasca panen holtikultura di Desa Bumi Restu Kecamatan Abung Surakarta, Selasa (13/12/2022).

Bangsal pasca panen ini dikhususkan untuk produksi keripik pisang yang nantinya dikelola oleh kelompok tani Glamas Sejahtera desa setempat Wakil Bupati mengapresiasi atas dibangunnya bangsal pasca panen tersebut.

Menurutnya, bangunan ini dinilai sangat bermanfaat bagi kelompok tani dalam mengelola hasil panen menjadi produk UMKM yang berkwalitas. “Semoga ini dapat terus bermanfaat untuk memasarkan produk UMKM,” katanya.

Untuk diketahui, bangsal ini berfungsi sebagai tempat produksi yang dilengkapi dengan peralatan pengolahan pasca panen untuk komoditas hortikultura.

Pada saat panen, umumnya komoditas hortikultura mengalami kerusakan sebelum dikonsumsi karena hasil panen yang melimpah hanya dijual oleh petani dalam bentuk segar tanpa ada proses penanganan yang baik dan tepat. Hal ini karena sifat produk hasil pertanian yang mudah rusak selama penyimpanan terutama untuk golongan buah dan sayuran sehingga juga menyebabkan hasil penjualan dari produk pertanian tersebut tidak maksimal.

Dengan teknik pengolahan yang tepat diharapkan dapat menekan kerusakan hasil pertanian, dan petani dapat memperoleh nilai tambah yang lebih tinggi serta menghasilkan produk olahan hasil pertanian dari komoditas lokal, seperti pisang.

Kelompok tani Glamas Sejahtera Desa Bumi Restu mengolah pisang lokal yang diproduksi anggotanya dengan diolah menjadi keripik.

Pengerjaan dalam proses pengolahan kripik pisang melingkupi: penanganan bahan, pencucian, grading, sortasi, pemanasan dengan suhu tinggi, pengemasan dan penyimpanan. Dengan difasilitasinya proses pengolahan produk hortikultura ini diharapkan berkembang pada produk lokal lainnya sekaligus juga dapat memberikan nilai tambah kepada petani.

Hasil olahan berupa keripik pisang ini telah dijual hingga ke luar lampung.

Reporter : Wawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.