Camat Paleleh Beber Prioritas Pembangunan 2024 di Musrenbang

0
82

TNews, Buol – Pada pelaksanaan Musrenbang tingkatan kecamatan Paleleh, Camat Lukman Djupandang, S.Pt dalam sambutannya mengatakan ada beberapa hal permasalahan yang menjadi prioritas di daerah itu, penangulangan dan pengentasan kemiskinan, peningkatan kompotensi pendidikan masyarakat, peningkatan penyediaan infrastruktur.

Tak hanya itu kata Lukman, dihadapan peserta Musrenbang yang dihadiri Asisten 2, Asisten 3, pimpinan OPD, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Buol, seluruh kades, BPD dan peserta Musrenbang itu membeberkan berbagai persoalan yang menjadi focus pembangunan di tahun 2023-2024.

Diantaranya, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, peningkatan kesempatan kerja, penempatan pembangunan pertanian, perikanan dan kelautan, pembangunan pedesaan dan peningkatan keamanan dan ketertiban.

“ itulah beberapa prioritas perencanaan pembangunan di kecamatan Paleleh pada tahun 2024,” ungkap Lukman Djupandang, Senin 27 Februari 2023.

Kepala BAPPEDA Ir. Ibrahim Rasyid, Musrembang ini memang bukan pilihan bagi kita,  karena ini wajib dan sudah perintah undang-undang  nomor 25 tahun 2014 tentang sistim perencanaan pembangunan nasional.

“saya selaku kepala BAPPEDA mengucapkan banyak terima kasih atas pelaksanaan musrembang ini walaupun begitu banyak usulan-usulan yang diajukan masih banyak yang  tertunda-tunda dikarenakan anggaran kita yang masih sangat minim, belum lagi ditambah yang namanya irmak  yang dana penggunaanya sudah diarahkan oleh pemerintah pusat,” ungkap Ibrahim.

Pj Bupati Buol melalui Asisten III Bupati Lani Irawati SE, M.Si., wadah ini harus optimal dan maksimal untuk bisa laksanakan karena ini pertemuan segala hal dalam mengidentifikasi permasalahan kemudian mengambil langkah-langkah strategis, didiskusikan, dimusyawarahkan dipilih dan dipilah sebagaimana kebutuhan-kebutuhan menadi prioritas oleh wilayah kecamatan itu sendiri.

Dengan begitu banyak usulan program permasalahan pembangunan yang dihadapi oleh masing-masing wilayah dan itu rata-rata sangatlah prioritas, sementara kita dibatasi dengan kondisi keuangan maka diperlukan sesuatu hal yang lebih optimal yaitu mengidentifikasi baik-baik yang mana urjen atau prioritas.

Rahim Saloa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.