Kapolres Buol Mediasi Perdamaian Dua Desa Berkonflik

0
78
Kapolres Buol, AKBP. Hanri Wira Suryana, S.I.K di dampingi Danramil Paleleh, Serma Joise Salindeo, Camat Paleleh, Lukman Djupandang, S.Pd, serta kedua Kepala Desa

TNews BUOL – Kepolisian Resort Buol di bawah Komando AKBP. Hanri Wira Suriyana, S.I.K. telah berhasil mendamaikan dua Desa yang bertikai pada malam Idul Fitri 1444 H 2023 M yakni Desa Dopalak dan Desa Talaki Kecamatan Paleleh Kabupaten Buol Sulteng. Pasca bentrok Perdamaian tersebut di tandai dengan Deklarasi yang berlangsung aman penuh kekeluargaan.Deklarasi tersebut  bertempat di gedung BPU Kecamatan Paleleh Kabupaten Buol, Kamis siang (27/04/23) sekitar pukul 11.30 WITA.

Hadir pada deklarasi damai itu Kapolres Buol AKBP Hanri Wira Suriyana, S.I.K, Camat Paleleh Lukman , S.Pt, Danramil 1305/06 Paleleh Serma Joise Salindeo, Kades Dopalak Umar Munggeli, Sekdes Talaki Ibrahim Somang, Kabagops Polres Buol AKP. Dewa Sujendra, SH, Kasat Intelkam Polres Buol IPTU Jefri Simatupang, Danki 4 Bataliyon A Pelopor IPTU Effendi, Kapolsek Paleleh IPDA Agil Khaire, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat Desa Dopalak dan Desa Talaki serta warga Masyarakat Desa Talaki dan Desa Dopalak sekitar 200 orang yang hadir.

Camat Paleleh Lukman S,Pt, dalam sambutanya berharap setelah deklarasi damai ini tidak ada lagi dendam antara kedua Desa dan masing – masing saling menjaga serta menjamin keamanan apabila warga Desa Dopalak berkunjung ke desa Talaki dan sebaliknya, Marilah ciptakan kedamaian karena damai itu indah, bahwa pada dasarnya masyarakat Desa Dopalak dan Desa Talaki adalah saling bersaudara sehingga mari kita tumbuhkan rasa persaudaraan diantara saudara kita, imbuhnya.

Hal senada di katakan oleh Kades Dopalak, Umar Munggeli  pada dasarnya kita semua ingin berdamai dan tidak ada lagi saling dendam, dan seluruh Masalah tetap diproses sesuai hukum yang berlaku kita dukung sepenuhnya aparat penegak hukum, dan diharapkan seluruh masyarakat baik masyarkat Desa Dopalak maupun Desa Talaki untuk tidak saling dendam dan sama-sama menjaga perdamaian dan pihaknya sebagai Kades siap menjamin keamanan dan ketertiban, tegasnya.

Hal yang sama disampaikan Kades Talaki melalui Sekdes, Ibrahim Somang, menuturkan agar kedua Desa bersama-sama menahan diri dan jaga perdamaian karena pada dasarnya kita adalah bersaudara, Saya selaku pemerintah Desa Menjamin dan menjaga keamanan serta menertibkan masyarakat yang ada di Desa Talaki, bersama Danramil Paleleh. Ibrahim Somang mengajak untuk satukan tangan menjalin perdamaian karena kalau kita sudah berdamai maka kehidupan sehari-hari akan indah dengan rasa kekeluargaan, pungkasnya.

Kapolres Buol, AKBP. Hanri Wira Suriyana S.IK dalam arahanya saat deklarasi damai itu menyebutkan, pada dasarnya kedua warga Desa masih memiliki hubungan saudara sehingga haram hukumnya menumpahkan darah saudara sendiri, jangan mengutamakan ego sendiri, penegakkan hukum berjalan sesuai aturan yang berlaku, Kapolres berharap agar warga yang berselisi tidak usah ungkit kembali permasalah yang bisa menimbulkan kamtibmas marilah melangkah kedepan beraktivitas seperti biasanya, tegasnya.

Deklarasi damai diakhiri saling me maafkan antara warga kedua Desa yang bertikai tersebut dengan salam-salaman dan telah menerima pemberian tanda kenang-kenangan dari Polres Buol berupa perlengkapan olah raga bola volly pada kedua Desa itu.

Sementara itu Kasihumas Polres Buol, Ipda Ridwan, S.IP menambahkan bahwa dengan adanya deklarasi damai ini Kapolres Buol mengharapkan tidak ada lagi bentrok yang mengatasnamakan warga Desa, bila ada keributan di kemudian hari itu merupakan perselisihan individu dan akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku, terang IPDA Ridwan S.IP menambahkan pernyataan Kapolres Buol,

Reporter Rahim Saloa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.