KOPI Buol Bekali Siswa SMKN 1 Biau dengan Dasar Jurnalistik

0
29

TNews, BUOL – Komunita Pers Independen (KOPI) Buol  menggelar pelatihan dasar-dasar jurnalistik. Dalam pelatihan kali ini, sebanyak 3 orang wartawan senior dihadirkan sebagai pelatih perofesional.

Peserta yang ikut dalam pelatihan ini pun semua berasal dari siswa-siswi SMKN 1 Biau di Buol. “Kami sengaja menghadirkan wartawan dan kameramen yang berpengalaman dan media online,” ujar Ruslan ketua panitia HPN 77 Kopi Buol, Selasa (7/3/2022).

Para peserta pelatihan ini dibekali pengetahuan tentang Video dan foto Jurnalis serta dasar-dasar penulisan berita.

Tiga materi ini dipaparkan dalam tiga sesi yang disampaikan secara bergantian oleh pemateri yang berasal dari media online.

Diawali dengan materi yang disampaikan Husni Sese, SH wartawan topikterkini.com, mengenai dasar-dasar penulisan berita dan dilanjutkan Wawan Isa dari Buolterkini.com dengan materi pengambilan Video dan foto Jurnalis dan materi ketiga terkait penggunaan medsos sebagai sarana informasi public yang disampaikan Rahmat Salakea dari Jurnakistv Indonesia satu.

Kemudian ditutup sesi ketiga dengan Tanya jawab antara pemateri dan peserta pelatihan.

“Materi dan ilmu yang saya peroleh dari pelatihan ini sungguh sangat mahal karena disampaikan oleh pelatih-pelatih profesional dengan cara penyampaian yang mudah dimengerti. Wawasan dan pengetahuan, serta keahlian saya makin bertambah setelah mengikuti pelatihan ini,” ungkap salah satu siswa SMKN 1 Biau kepada media ini.

“Saya berharap pelatihan seperti ini bisa digelar setiap enam bulan atau minimal setahun sekali,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Biau Edy Akas, S,Ag, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada pihak KOPI Buol yang telah melaksanakan pelatihan dasar Jurnalistik bagi siswa dan siswi, dan sebaiknya kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan,” harapnya.

“Saya hanya ingin berbagi ilmu dan pengalaman kepada peserta agar memperhatikan faktor keselamatan saat melakukan peliputan, serta tekhnik-tekhnik peliputan di lapangan,” ungkap Husni Sese, di sela kegiatan.

Pemateri lainnya, Wawan Isa menjelaskan tentang bagaimana memproses atau membuat video jurnalis dengan metode edit by camera.

Reporter : Rahim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.