Pj Bupati Buol Pimpin Musrenbang Kecamatan Momunu

0
93

TNews, Buol – Pj. Bupati Buol Pimpin Musrembang Tingkat Kecamatan Momunu, Kamis 24 Februari 2023, bertempat di Aula Kecamatan Momunu, Kabupaten Buol, Sulteng.

Camat Momunu Syarifuddin Tarakal dalam sambutannya mengatakan adapun tujuan dilaksanakannya Musrembang adalah membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan wilayah kecamatan momunu.

Adapun prioritas pembangunan dikecamatan momunu tahun 2022-2024 adalah ditetapkan sesuai isu strategis kecamatan dengan berfokus pada pembangunan prioritas sumber daya manusia, meningkatkan pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan perekonomian berdaya saing serta peningkatan ketahanan pangan.

Dengan diperoleh hasil identifikasi hasil capaian indikator berdasarkan pembangunan yang ada dikec. Momunu pertama bidang sosial, masih tingginya tingkat kemiskinan belum optimal proses pemberdayaannya. Kedua ekonomi belum tercapainya target pelaksanaan strategis pembangunan pasar dan rendah target pola kecukupan pangan.

Kepala Bappeda Kabupaten Buol, Ir.Ibrahim rasyid dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun apabila tidak dilaksanakan maka APBD tidak akan ada. Soal-soal perencanaan yang diajukan diharapkan sesuai dengan visi misi pemerintah yang ada di RPD (rencana pemerintah daerah) 2023-2026.

Arah kebijakan pemerintah daerah pada tahun 2024 masi fokus pada pembangunan infrastruktur, seperti perbaikan jalan menuju kec momunu tiloan, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat difokuskan pada pengurusan penurunan angka stunting, dan keluarga miskin extrim serta pada peningkatan sumber daya manusia yang unggul. Dengan mengirim para siswa dan siswi sekolah dengan biaya ditangung pemerintah. serta fokus juga pada penataan pemerintahan.

Pj. Bupati Drs. Muhclis, musrembang dengan dimana terlibatnya pemangku kepetingan masyarakat ini diberikan ruang untuk meningkatkan setiap proses tahapan perencanaan pembangunan daerah, yang bersifat inklusium terhadap lokomasyarakat serta termajinalkan aspirasi kelompok masyarakat yang tidak memiliki akses dalam pemgambilan kebijakan. Untuk itu melalui musrembang ini musyawara pembangunan kecamatan setiap usulan ini yang benar-benar dapat dirasakan manfaatnya bagi kepentingan masyarakat secara umum.
Berdasarkan kebijakan menteri keuangan untuk DAU 2023 ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan peruntukannya itu diarahakan artinya sudah ada arahan untuk pemanfaatannya. Contoh pembiayaan tenaga P3K sudah ada pembiayaannya, keluarahan berapa, untuk pendidikan, kesehatan dan permukiman yang kalau kita total besarannya itu setengah dari dana alokasi umum yang diberikan kepada kabupaten buol. Selebihnya dari itu untuk pembiayayan gaji ASN yang ada dikabupaten buol. Sehingga ketika diakumulasi tersisa kurang dari 2,5M yang harus kemudian didstribusi kepada seluruh perangkat daerah dan kecamatan.

Tentunya ini merupakan suatu hal yang harus betul-betul membutuhkan pemikiran trik siasat sehingga belanja-belanja untuk pembangunan dikabupaten ini bisa kita lakukan, olehnya kita mengambil inisiatif melakukan pergeseran diawal. Disini kita akan mengatur penempatan anggaran diorganisasi perangkat daerah dan kecamatan. Tentuya ini akan disesuaikan dengan apa yang sudah menjadi ruukan jadi sekarang untuk 2023-2026 didasarkan pada Rencana pembangunan daerah sehingga betul-betul capaian itu dapat terwujud.

Saya berharap untuk tahun 2024 yang hari ini kita bahas ditingkat musrembang proram kegiatannya saya berkeinginan tahun depan saya akan membagi secara proforsional anggaran disemua kecamatan untuk penanganan pembanguanan infrastrukturnya. Sehingga tinggal kecamatan yang menetapakan mana yang menjadi skala prioritas.

Ketua DPRD srikandi batalipu, ini adalah hari keempat pelaksanaan musrembang tingkat kecamatan. Musrembang hari ini adalah musrembang bapak penjabat bupati buol yang sudah hampir 5 bulan beliau bersama-sama kita dikabupaten buol. Masyarakat hari ini perlu tau bahwa kementerian dalam negeri itu tidak salah menempatkan orang untuk kabupaten buol. Kenapa baru lima bulan beliau menjabat sudah banyak terobosan yang beliau berikan untuk daerah ini sudah cukup nyata dan terlihat didepan mata kita.

Karena dalam waktu dekat ini pj. bupati akan mendatangkan investor kedaerah ini diantaranya investor udang vaname, pertambangan, maupun pertanian. Ini artinya kalau mereka sudah beroperasi didaerah ini secara otomatis akan menarik tenaga kerja sehingga penganguran dikabupaten buol berangsur akan berkurang. Sehingga pendapatn perkapita masyarakat buol bisa naik.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh PJ. Bupati Moh. Muhclis, Ketua DPRD Srikandi Batalipu, Kepala BAPPEDA Ibrahim Rasyid, Asisten II Arianto rioeh, kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Kapolsek, Tokoh Masyarakat, Pemuda Dan Kepala Desa serta perangkat desa, BPD, LPM dan masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.