Sekda Buol Hadiri Penyerahkan Bantuan Perahu Karet di Tiga Kecamatan Rawan Banjir

0
33
Sekda Buol, Moh Suprizal Jusuf, menghadiri sekaligus melakukan penyerahan tiga buah Perahu Karet dan penandatanganan Perakades yang diikuti seluruh kepala desa yang ada di tiga kecamatan diantaranya Kecamatan Momunu, Tiloan dan Bukal, bertempat di Aula Kantor Camat Momunu, Kamis 19 Januari 2023. FOTO : RAHIM

TNews, BUOL  – Sekda Buol, Moh Suprizal Jusuf, menghadiri sekaligus membuka resmi penyerahan tiga buah Perahu Karet dan penandatanganan Perakades yang diikuti seluruh kepala desa yang ada di tiga kecamatan diantaranya Kecamatan Momunu, Tiloan dan Bukal, bertempat di Aula Kantor Camat Momunu, Kamis 19 Januari 2023.

Sekda didampingi Kadis P3A-PMD, Kalak BPBD Buol, Abdul Rasyid,S Sos, Sekretaris BPMDes, Masri, S.Ag, mewakili Kabag Hukum Setda Buol, Aduan Ngasang, SH.

Laporan kegiatan disampaikan oleh Direktur  LPMS KSDA Kabupaten Buol, Eko Budiman dimana dalam isi laporannya mengatakan bahwa bantuan berupa aset Perahu Karet itu atas kerjasama dengan Yayasan Panorama Alam Lestari (YPAL)  dan diperuntukan dalam tanggap bencana banjir di tiga kecamatan di wilayah kabupaten Buol.

“Ini adalah bentuk kepedulian serta bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Buol terutama di tiga kecamatan rawan banjir. Diharapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh pemerintah kecamatan dan pemerintah desa untuk tanggap bencana,” kata Eko Budiman.

Ketua Komunitas Relawan Bencana (KRB) Kabupaten Buol, Ismajaya, S.Sos dalam sambutannya menerangkan progam ini berawal dari assesmen serta sosialisasi  dan pelatihan – pelatihan yang dilaksanakan LPSM-KSDA kepada relawan disetiap kecamatan dan desa yang telah dibantuk di tiga kecamatan di Aula kantor Bupati beberapa waktu lalu.

“besar harapan kami kepada seluruh relawan KRB di tiga kecamatan ini mampu dan terus mengasah dan bisa menjadi pedoman untuk penangulangan bencana banjir yang ada di kabupaten buol,” tutup Ismajaya.

Sementara itu, dalam sambutannya Direktur YPAL Yopi Harry mengucapkan terima kasih kepada pemkab Buol dalam hal ini Sekda dan beberapa OPD sudah menghadiri kegiatan penyerahan asset perahu karet untuk tiga kecamatan di kabupaten Buol.

“Terima kasih kepada pemkab Buol, pak Sekda sudah ikut serta dalam kegiatan ini, saya dari Yayasan Panorama Alam Lestari Posso bekerja sama dengan program aksi antipasi (Forecast – Baset Action), untuk membangun kelestarian bencana di wilayah. Untuk di Indonesia sedikitnya ada lima wilayah diantaranya Maluku, Jawa, Sulawesi, NTB dan Sumatra,” beber Yopi.

Lebih jauh Yopi mennerangkan bahwa program ini memperkuat aktivitas masyarakat dalam mengatasi bencana khususnya pemerintah daerah yang ada   di Wilayah.

“Sosialisasi dan pelatihan dan assesmen sudah kami terapkan di wilayah dampak banjir terutma di Kecamatan Momunu, Bukal dan Tiloan. kami telah berkoordinasi dengan BPBD Buol terkait keadaan masyarakat yang membutuhkan Perahu Karet, kami tidak mampu membeli satu desa satu perahu karet,” ungkap Yopi.

Dalam sambutannya Sekda, Moh Sufrizal Jusuf, mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi   pertemuan ini karena merupakan kolaborasi dari organisasi Swasta, Yayasan yang peduli akan kemanusian lebih khusus di Kabupaten Buol.

“Atas nama Pemeritah daerah, kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan teman-teman dari YPAL Posso, LPMS-KDA dan KRB Buol yang telah memberikan bantuan berupa Perahu Karet dalam tanggap bencana Banjir di daerah ini.

Sekda menambahkan bahwa memang tanpa ada kolaborasi yang baik masyarakat di bawah bimbingan kepala desa. baik dari tahapan sosialisasi dan pelatihan – pelatihan, maka mustahil bantuan ini di datangkan.

“Ini semua merupakan tanggung jawab kita semua. Aset ini akan di serahkan dan diterima oleh tiga kecamatan sesuai dengan peraturan yang tertera di berita acara penantanggan. Saat ini sering terjadi bencana banjir pada bulan Desember hingga Februari, sehingga kita harus siap dengan segala resiko saat bencana datang,” papar Sekda Suprizal.

Lebih jauh Sekda menambahkan bahwa kegiatan hari ini merupakan asesment dari organisasi peduli bencana. dengan demikian harapan kedepan jelas Sekda di hadapan seluruh kepada desa dan camat jaga asset yang telah diamanatkan.

Setelah penyerahan asset dilanjutkan dengan penandatangan berita acara, peninjauan perahu karet dan penandatanganan perkades oleh seluruh kepala desa disaksikan langsung Sekda Buol.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya Camat Momunu, Syafrudin S. H, Camat Tiloan, Djufri Lamadang S.E, Camat Bukal, Hasnawi kamarudin T. S. Sos., M. M, Danramil 1305-08 Momunu Letda inf. Riki Hendra Poli, seluruh Kades dan relawan KRB dan Vendor pengadaan perahu karet  Dedy Gendra.

Reporter : Rahim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.