Sekda Buol Jadi Narsum Sosialisasi Netralitas ASN Bawaslu

0
23
Gambar : Sekda Buol saat menghadiri sosialisasi Bawaslu Sulteng Buka terkait netralitas ASN dalam menghadapi pemilu serentak Tahun 2024, bertempat di Graha Kurnia kelurahan Leok I Rabu, 24 Mei 2023.

TNews, BUOL – Bawaslu Sulteng Buka sosialisasi netralitas aparatur sipil Negara (ASN) dalam menghadapi pemilu serentak Tahun 2024, bertempat di Graha Kurnia Kelurahan Leok I Rabu, 24 Mei 2023.

Sosialisasi dengan mengusung Tema “Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu” itu dibuka langsung oleh anggota Bawaslu Sulteng Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Muh. Rasyidi Bakry, SH., LL,M.

Suardi Badolo S.Pd., M.Pd selaku ketua Bawaslu Buol, mengatakan tahapan penyelenggaraan pemilu sebentar lagi tiba pada tahapan kampanye yang ada hubungannya dengan peran, posisi, kedudukan teman-teman ASN.

Olehnya itu Sosialisasi ini menjelaskan bagaimana apa yang dilakukan atau hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ASN itu sendiri,” jelas Sudardi.

Dilematis memang dalam undang-undang pemilu TNI, POLRI, dan ASN diperintah untuk netral, TNI, dan POLRI jelas sudah tidak memilih, tetapi di sisi lain ASN status di situ disuruh netral tetapi memilih. Olehnya melalui sosialisasi ini kita akan bahas bersama narasumber.

Ketua Bawaslu Sulawesi Tengah yang diwakili Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Muh. Rasyidi Bakry, SH., LL,M., kegiatan ini adalah upaya kami untuk menjalankan salah satu tugas dan fungsi kami sebagai pengawas pemilu untuk melakukan sosialisasi sebagai upaya pencegahan dari terjadinya potensi-potensi pelanggaran yang mungkin terjadi secara spesifik terkait dengan isu netralitas aparatur sipil negara (ASN).

“Isu ini menjadi sangat penting karena memang kita ketahui bersama menjadi problem klasik di setiap kubu-kubu selalu saja ditemukan pelanggaran ketidaktahuan atau apa tapi tentu saja semakin menurun dari sekian tahapan penyelenggaraan tahapan pemilu, jadi apa atau bagaimana solusi atau cara untuk mengatasi isu terkait netralitas ASN tentu akan kita bahas lebih jauh dalam sosialisasi nanti,” paparnya.

Adapun narasumber dalam sosialisasi ini adalah Sekda Buol Drs. Suprizal M. Jusuf, MM dan koordinator divisi hukum dan penyelesaian sengketa pemilu propinsi Sulteng Muh. Rasyidi Bakry, SH., LL.M.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Bawaslu Buol Karianto, S.Sos, Sumarlin, S.Sos, para pimpinan OPD, Camat, Lurah serta ASN di lingkungan pemkab Buol. (**)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.