Selayang Pandang Potensi Objek Wisata Pantai Desa Lilito Kabupaten Buol

0
303

TNews, BUOL – Desa Lilito adalah salah satu Desa depinitif diwilayah Kecamatan Paleleh Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah. Desa Lilito dengan luas wilayah kurang lebih 2,500 Ha persegi dan dihuni oleh 810Jiwa. Topografi Desa Lilito terdiri atas 23% Daratan dan umunya terletak diwilayah Pantai, 15 % perbukitan, 7% ngarai dan 55% pegunungan.

Keindahan alam wilayah Desa Lilito yang masih bersifat Alami terdiri atas Pantai Pasir Putih, Teluk Lilito dan Toluk Lobu menyerupai Danau, Karang Laut, Hutan Mangrov, Hamparan Kebun Jagung, Pegunungan Membiru, Tebing Curam dan Sungaiyang memiliki daya tarik tersendiri bagi para petualang dan pencinta wisata bahari dan wisata ekstrim yang menguji adrenalin seperti Panjat Tebing, Menyelam, Paralayang dan lain – lain.

Ketersediaan objek wisata Alam dan Pantai tidak saja menawarkan keindahannya akan tetapi para pelancong juga dapat menikmati sunrise pada pagi hari begitpun matahari terbenam, alam yang asri dan natural juga alam menyajikan Hewan langkah dan dilindungi  seperti Kepiting Tapal Kuda,Penyu Hijau,Burung Maleo dan berbagai BiotaLaut dan Satwa langkah lainnya.

Keramahan dan budaya penduduk yang cukup tinggi membuat para wisatawan Lokal maupun manca negara  nyaman dan aman serta banyak lagi yang akan dialami oleh para wisatawan baik Keindahan Alam,Edukasi dan Penelitian.

Saat ini langkahku mengarahkanku ke sebuah desa wisata. Sebuah desa yang berjarak Puluhan km dari Ibukota Kabupaten Buol  atau sekitar 90 km dari Bandar Udara Pogogul Buol. saya mengunjungi desa Lilito. dengan fasilitas yang tersedia pada objek wisata desa lilito antara lain tempat Parkir,Rumah Makan, Kamar Mandi Umum, Vila/Gazebo,Tempat Ibadah Jaringan Internet , Listrik/PLN Beserta Peralatan Diving (Menyelam)

Beberapa Tahun yang lalu desa Lilito, dilaksanakan Kegiatan Pemkab Buol yang di hadiri oleh Seluruh Kepala Organisasi Perangkat daerah  (OPD) yang di pimpin Langsung oleh Bapak Bupati Buol , Sebagai Upaya Promosi dan Sekaligus Pencanangan salah satu desa Objek Wisata Di kabupaten Buol Provinsi Sulawesih Tengah.

Reporter : Rahim Saloa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.