Wakil Gubernur Tutup secara Resmi STQH ke-27 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Tojo Una-Una

0
23
Gambar : Wakil Gubernur tutup secara resmi STQH ke-27 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Tojo Una-Una.

TNews, SULTENG – Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) ke-28 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kabupaten Touna yang dimulai pada (8/5/2023) lalu, resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Sulteng Drs. H. Ma’Mun Amir bertempat di Arena STQH di Bumi Sivia Patuju, Sabtu malam (13/5/2023).

Sebanyak 13 kafilah, terdiri 13 kafilah kabupaten/kota dan kafilah Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), telah bersaing menjadi yang terbaik di ajang itu.

Bupati PJ. Bupati Buol yang di wakili Oleh Sekertaris Daerah sekaligus Ketua LPTQ bersama Asisten 1 bidang Kesejatraan Masyrakat (Kesra) menghadiri langsung acara penutupan STQH ke 27 tingkat provinsi Sulteng.

Berdasarkan pengumuman keputusan dewan hakim tentang para pemenang di setiap kategori yang dilombakan, untuk cabang tilawah anak-anak putri, kafilah Buol meraih harapan I atas nama Mufida mardiyah.

Kemudian, harapan III, cabang 30 juz putra atas nama Rafiq Pada cabang tafzir bahasa arab atas nama serta Khusnul dai.

Sekaitan dengan hal itu, sekda menyampaikan terima kasih kepada para kafilah yang telah tampil percaya diri pada ajang STQH ke-27. Dia mengatakan, bahwa ajang tersebut bukanlah akhir dari segalanya.

“Jangan berkecil hati dan teruslah belajar untuk menjadi yang terbaik di masa yang akan datang. Persiapkan diri dan berlatih guna untuk meraih prestasi yang lebih baik kedepannya,” ucap sekda.

Wakil Gubernur Ma’mun Amir menutup secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an STQH ke-27 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah ini dengan mengambil tema “Dengan semangat STQH ke-27 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, kita satukan langkah untuk menciptakan generasi qur’ani yang berkualitas, menuju masyarakat Sulawesi Tengah yang religius, beriman dan bermartabat”.

“Tema ini mengandung misi dan makna yang sangat penting dan strategis yakni selain sebagai upaya memacu pengembangan tilawah, kemampuan hafalan dan pemahaman terhadap nilai-nilai suci Al-Qur’an dan Hadits juga yang tidak kalah penting yakni menjadi motivasi bagi umat agar menghayati dan mengamalkan isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits,” ucap Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay dalam sambutannya.

Menurut Bupati, pelaksanaan STQH ini memberi manfaat ganda bagi perekonomian masyarakat di Kabupaten Tojo Una-Una. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, jumlah pengunjung yang datang dari berbagai kota di Sulawesi Tengah cukup tinggi.

“Hal ini memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap perputaran ekonomi di Kabupaten Tojo Una-Una baik di bidang perhotelan, rumah makan, pedagang kecil, jasa transportasi serta usaha-usaha lainnya,” tutur Bupati.

Bupati mengucapkan selamat kepada peserta yang meraih prestasi dan diharapkan dapat mengembangkan prestasinya dan dapat membawa nama daerah Provinsi Sulawesi Tengah sampai di tingkat nasional.

“Kepada para peserta yang belum berhasil pada Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) saat ini untuk tidak berkecil hati, tetapi tetap tegar dan terus berlatih untuk meraih keberhasilan pada Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) tahun 2025 mendatang yang Insya Allah akan dilaksanakan di Kabupaten Poso,” harapnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada seluruh panitia, Dewan Hakim, kafilah se-Sulawesi Tengah serta seluruh unsur terkait yang terlibat dan turut ambil bagian pada pelaksanaan STQH ke-27 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023 di Kabupaten Tojo Una-Una.

“Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada aparat Keamanan TNI, Polri dan media cetak elektronik yang membantu keamanan kegiatan tanpa ada gangguan sekecil apapun,” ujarnya.

Lanjut kata Bupati, bahwa dalam penyelenggaraan acara ini, “kami telah berupaya semaksimal mungkin untuk menghindari terjadinya kekurangan maupun kesalahan. Namun kami menyadari jika sekiranya dalam penyelenggaraan acara dan pelayanan kami kepada tamu yang datang, ditemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan dan keinginan Bapak/Ibu kami mohon kiranya dapat dimaafkan,” kata Mohammad Lahay.

“Kesuksesan penyelenggaraan seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits ke 27 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023 ini adalah kesuksesan kita bersama. Apa yang bapak dan ibu berikan baik bantuan moril maupun materil akan mendapatkan pahala dan Insya Allah akan dinilai ibadah di sisi Allah SWT. Aamiin,” ujar Bupati.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, atas keberhasilannya menjadi tuan rumah STQH ke-27 tahun 2023.

“Semoga rahmat dan karunia Allah SWT senantiasa terlimpahkan kepada kita semua lebih khusus kepada masyarakat Tojo Una-Una,” ucap Wakil Gubernur Ma’mun Amir.

Wakil Gubernur mengatakan, secara spesifik penyelenggaraan STQH ini bertujuan untuk mencari bibit Qori-Qoriah, Hafiz-Hafizah dan Mufassir-Mufassirah terbaik yang akan mewakili Provinsi Sulawesi Tengah di STQH tingkat Nasional.

“Selain itu, STQH juga bertujuan untuk membentuk generasi Sulawesi Tengah yang Qur’ani dan berkualitas menuju masyarakat yang religius, beriman dan bermartabat,” kata Ma’mun Amir.

Di akhir sambutannya Wakil Gubernur mengucapkan selamat kepada para peserta yang berhasil keluar sebagai juara pada tiap cabang lomba STQH ke-27 tahun 2023.

“Jangan cepat berpuas diri karena perjuangan saudara-saudari belum lah usai karena setelah ini, STQH tingkat Nasional sudah menanti. Teruslah berlatih dan menghayati, tanamkan keinginan yang kuat untuk menjadi yang terbaik di STQH tingkat nasional nanti, pesan Wakil Gubernur.

“Dan kepada para peserta yang belum berhasil, jangan berkecil hati, tetap tegar dan terus berlatih untuk menjadi yang terbaik di hadapan Allah SWT, dan meraih prestasi di lain waktu,” tutupnya.*

(Humas Kominfo Boul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.