Bupati Buru Hadiri Rapat Kordinasi Forum OPD Dinas Perindag Se Provinsi Maluku

0
30
Kegiatan Rapat Koordinasi Forum OPD Dinas Perindag Se Provinsi Maluku digelar diAulah Kantor Bupati Buru Jln Danau Rana Desa Namlea Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jumat (24/02/2023)

TNews, KABUPATEN BURU – Kegiatan Rapat Koordinasi Forum OPD Dinas Perindag Se Provinsi Maluku Tema ” Pemantapan Data Saing Daerah melalui peningkatan Ekonomi,penguatan SDM dan Konektifitas” digelar di Aulah Kantor Bupati Buru Jln Danau Rana Desa Namlea Kecamatan Namlea Kabupaten  Buru.Jumat (24/02/2023)

Hadir dalam kegiatan sebagai bwrikut Pj. Bupati Buru, Dr. Djalaluddin Salampessy. S.Pi. M.Si, Kepala  Dinas Perindag Provinsi Maluku Bapa Yahya Kota S,PT.,Msi , Dandim 1506/Nla Letkol Arh Agus Nur Fujianto, S.Ip.,M.Si , Sekda Kab.Buru  M.Elias Hamid, SH,MH , Anggota DPRD Kabupaten Buru,  Kadis Perhubungan Provinsi Maluku, Kepala Bapeda Provinsi Maluku,, Kabag Program Industri Kecil Menengah Dan Aneka Kementrian Peninduatrin RI., Ketua TGPP Maluku, Para Asisten, Para Asisten Stap Ahli Bupati, Kepala2 OPD, Para Narasumber, Dan Tamu Undangan ± 100 Orang.

Sambutan Kepala Dinas Perindag Provinsi Maluku Yahya Kota S,Pt.,Msi pada intinya menyampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Buru khususnya kepada Kadis Perindag Kabupaten Buru dan Stafnya yang telah memberikan waktu dan tenaganya sehingga kegiatan forum opini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk membangun koordinasi antara dinas kebersihan dan perdagangan di Maluku dengan dinas perijinan dan perdagangan kabupaten Kota semaluku dalam rangka penyusunan perencanaan tahun 2024, maupun persiapan pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2023 di Kabupaten Kota masing-masing, baik yang bersumber dari dana APBD provinsi dan negara maupun tugas pembantu.

“Karena di tahun 2024 merupakan tahun kelima pemerintahan Bapak Gubernur dan bapak Wakil gubernur selama tahun 2019 sampai dengan tahun 2024 untuk merealisasikan janji politik beliau yang terpilih yang tertuang dalam visi dan misi yang telah dijabarkan dalam rencana pembangunan jangka menengah RPJMD. Dan iturunkan dalam rangka  untuk serta meningkatnya jumlah tenaga kerja sektor industri dua, peningkatan laju pertumbuhan ekonomi, tiga pengendalian inflasi melalui stabilitasi dan jumlah ketersediaan harga barang pokok kebutuhan di Maluku berkaitan dengan hal tersebut informasi dukungan pemerintah pusat dalam hal ini kementerian perdagangan dan pemantapan,” jelasnya.

“Sehingga perlu saya informasikan bahwa beberapa hari yang lalu agenda RKPD tingkat provinsi Maluku pematerinya antara lain dari BPS Maluku,” katanya.

Ia menyampaikan progres pembangunan di Provinsi Maluku terkait dengan kinerja Dinas perindustrian dan perdagangan diantaranya adalah ekspor mengalami peningkatan sebanyak sebesar 184% di Tahun 2022 terhadap 2021.

“Kemudian lihat impor di Tahun 2022 terhadap 2001 artinya apa sulpres ekspor dibandingkan dengan impor kemudian industri pengolahan dan sebesar 6% dibandingkan dengan 2020

“Seperti kita ketahui bahwa inflasi Maluku di tahun 2002 mengalami terkoneksi yang cukup signifikan sebesar 5,36% dibandingkan dengan 2021 kemudian inflasi want Tomohon ataupun bulan per bulan terkorupsi hingga deflasi minus 17% ini merupakan capaian- capaian yang dicapai oleh terutama dinas peringkat saya permisi Maluku akibat koordinasi yang baik di antara kita yang bekerja selama setahun 2020,” jelasnya.

Ia mengatakan rakor kali ini mendatangkan pemateri dari pusat “Tapi kali ini kami mendatangkan pemateri langsung dari atas perdagangan Manila yang sebentar akan menyampaikan peluang peluang ekspor di negara tujuan dan ke depan akan kami laksanakan rapor ini dengan menghadirkan pemateri dari atas perdagangan negara-negara yang lain sehingga ekspor ke depan tentu akan mengalami peningkatan,” tutup Kadis Peribdang Maluku saat mengakhiri sambutannya

Pada Kesempatan sama pula sambutan Pj. Bupati Buru, Dr. Djalaluddin Salampessy. S.Pi. M.Si mengatakan Forum SKPD adalah forum musyawarah bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan hasil forum gabungan SKPD, yang berhubungan dengan fungsi program kegiatan sektor atau lintas sektor yang tata cara pelaksanaannya dilakukan oleh SKPD

“Saya mengharapkan dengan forum SKPD ini sebagai bahan penyempurnaan rancangan renja SKPD yang difasilitasi oleh SKPD terkait mengenai rancangan renja SKPD dengan menggunakan prioritas program kegiatan yang dihasilkan dari musrenbang atau forum gabungan SKPD di Kabupaten Kota sebagai bahan penyempurnaan rancangan renja SKPD yang difasilitasi oleh SKPD terkait,” harapnya.

Perencanaan pembangunan tahun 2023 di Dinas perdagangan dan perindustrian utamanya sektor dengan misi Gubernur Maluku yang terkelola secara jujur bersih dan melayani terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan

Dengan visi sebagai berikut :

1). diwujudkan birokrasi yang dinamis jujur bersih dan melayani

2). meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan murah dan terjangkau

3). pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan

4). peningkatan infrastruktur dan konektivitas gugusan pulau.

5) meningkatkan suasana kondusif untuk investasi budaya dan pariwisata.

6.Tarian Orlape dikolaborasi dengan tarian lenso tandas Bupati Buru dalam mengakhiri sambutannya

Reporter : NN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.