BPBD Serahkan Bantuan Logistik bagi Warga Terdampak Angin Puting Beliung

0
28
Gambar : BPBD Serahkan Bantuan Logistik bagi Warga Terdampak Angin Puting Beliung, Probolinggo (4/11/2023).

TNews, PROBOLINGGO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menyerahkan bantuan logistik bagi warga terdampak angin puting beliung di Dusun Kaburan RT 04 RW 02 dan RT 05 RW 02 Desa Boto Kecamatan Lumbang, Sabtu (4/11/2023) pagi.

Tidak hanya sekadar menyerahkan bantuan logistik saja, BPBD bersama dengan personel Koramil Lumbang, Satpol PP, Agen Jawa Timur dan Perangkat Desa Boto Kecamatan Lumbang melakukan pemasangan terpal untuk mengganti atap rumah yang rusak.

Bantuan logistik ini diserahkan kepada Mina (54), Ningrum (50), Sulastri (48) dan Sumik (47). Keempat warga ini berasal dari Dusun Kaburan Desa Boto Kecamatan Lumbang. Peristiwa angin puting beliung bersama dengan hujan deras sendiri terjadi pada Jumat (3/11/2023) sekitar pukul 14.00 WIB.

“Terima kasih Bapak Bupati, bantuan terpal dari BPBD sudah diterima warga terdampak angin puting beliung kemarin, langsung dipasang oleh BPBD, Koramil, dan Satpol PP serta perangkat Desa Boto,” ujar Camat Lumbang Saniwar.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Oemar Sjarief melalui Kedaruratan dan Logistik Moh. Zubaidulloh meminta kepada masyarakat agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem di masa pancaroba atau peralihan musim. Seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang serta hujan es.

“Cuaca ekstrem ini bisa memicu banjir, banjir bandang, dan tanah longsor serta kerusakan pada bangunan. Oleh sebab itu diimbau untuk memeriksa kondisi bangunan yang dinilai rapuh untuk diperkuat, membersihkan lingkungan, gorong-gorong dan melakukan upaya-upaya pengurangan risiko (mitigasi) yang lain bersama-sama,” pungkasnya.*

Reporter : Fijai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.