Dibangun Hotmix Dua Lapis, Tiga Ruas Jalan Hampir Rampung

0
8
Gambar : Dibangun Hotmix Dua Lapis, Tiga Ruas Jalan Hampir Rampung, Probolinggo.

TNews, PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) saat ini sedang merampung perbaikan 3 (tiga) ruas jalan di Kabupaten Probolinggo. Yakni, Ruas Jalan Manggisan–Krucil dengan panjang 5,400 km, Ruas Jalan Klaseman–Maron dengan panjang 7,419 km dan Ruas Jalan Paras–Klenang Kidul dengan panjang 9,327 km.

Ketiga ruas jalan tersebut diperbaiki dengan hotmix dan dilakukan sebanyak dua lapis. Saat ini lapisan pertama sudah selesai dilakukan, tinggal menyelesaikan untuk lapisan kedua. Targetnya pada akhir November atau awal Desember 2023 perbaikan tersebut sudah rampung semua.

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa Pemerintah Daerah hanya berusaha untuk fokus ke infrastruktur, terutama jalan dan terus dicicil sesuai dengan kemampuan anggaran.

“Memang tidak bisa memperbaiki jalan se-Kabupaten Probolinggo dengan dana terbatas. Tetapi kita ketahui sudah banyak dana-dana yang sudah tidak efektif Saya kepras, terutama yang dari dinas-dinas untuk lebih prioritas kepada infrastruktur tahun 2024,” katanya.

Untuk tahun 2023 jelas Pj Bupati Ugas, pihaknya memang mengawal pelaksanaannya agar betul-betul mengutamakan kualitas. Hal ini ditambah dengan adanya Call Center Lapor KAND4 yang akan menampung daerah-daerah yang betul-betul memang rusak berat.

“Kalau memang posisinya dianggarkan maka akan kita lakukan secepatnya. Kalau memang belum, mungkin tahun 2024 atau nanti menyesuaikan dari tahun 2024 kita ratakan sehingga ada perbaikan secara signifikan untuk tahun 2024,” jelasnya.

Pj Bupati Ugas juga meminta dari pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo dan Forkopimka untuk saling memantau pergerakan mobil-mobil yang melebihi kelasnya untuk diingatkan. “Dengan demikian jalan-jalan kabupaten menuju ke desa-desa atau wisata tetap awet dan tidak gampang rusak,” terangnya.

Sementara Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra menyampaikan saat ini ada 3 paket ruas jalan yang sedang dilakukan perbaikan oleh DPUPR Kabupaten Probolinggo. Yakni, RJ Paras–Klenang, RJ Klaseman–Maron dan RJ Manggisan–Krucil.

“Semuanya juga sudah dilaksanakan dan itu merupakan program kami yang paket besar di tahun 2023. Harapannya di akhir bulan November atau awal bulan Desember 2023 sudah bisa 100%,” ujarnya.

Menurut Hengki, pengerjaan perbaikan ini menggunakan hotmix yang lapisan atasnya sebanyak 2 (dua) lapis. “Untuk yang di depan Kantor Kecamatan Tegalsiwalan ini masih satu lapis. Nanti masih akan ada lapisan yang kedua. Harapannya sudah bisa segera rampung 100%,” jelasnya.

Hengki menjelaskan pelaksanaan program tahun 2023 ini merupakan program prioritas dari Pemkab Probolinggo. Dimana untuk RJ Klaseman–Maron dan RJ Paras–Klenang prioritas untuk sektor ekonomi karena di sana ada pasar terbesar di Kabupaten Probolinggo. Kalau yang RJ Manggisan–Krucil terkait dengan membuka akses perekonomian untuk distribusi pertanian dan perkebunan.

“Memang anggarannya besar, tetapi untuk secara teknis memang harus ada 2 lapis dengan harapan akan memperpanjang umur jalan. Tentunya nanti pekerjaan atau pemeliharaan jalan kedepan akan lebih ringan menggunakan truk Alphomain,” pungkasnya.*

Reporter : Fijai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.