Pemkab Gelar Desk Realisasi Anggaran Perangkat Daerah

0
22
Gambar : Pemkab Gelar Desk Realisasi Anggaran Perangkat Daerah, Probolinggo (6/11/2023).

TNews, PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Administrasi Pembangunan menggelar desk realisasi anggaran Perangkat Daerah di ruang pertemuan Jabung 2 Kantor Bupati Proboloinggo, Senin hingga Rabu (6-8/11/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kasubag Keuangan atau pejabat yang menangani keuangan dan operator di semua Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Probolinggo Anna Maria DS mengatakan kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat berkaitan dengan realisasi anggaran Perangkat Daerah.

“Selain itu, untuk mengetahui permasalahan dan kendala pelaksanaan program/kegiatan periode Januari sampai dengan Oktober 2023, langkah-langkah percepatan realisasi anggaran Perangkat Daerah pasca P-APBD tahun 2023 serta mengetahui kesesuaian antara penggunaan dana di lapangan dengan rencana anggaran kas Perangkat Daerah,” katanya.

Menurut Anna, data dan informasi ini digunakan sebagai laporan realisasi APBD tahun 2023 yang rutin disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan sebagai bahan evaluasi oleh Pj Bupati Probolinggo dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Permasalahan laporan yang terus terjadi adalah pelaporan kurang akurat dan tidak Realtime sehingga terjadi perbedaan data antara BPPKAD (Badan Pengelolaan, Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah), Bapelibangda (Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah) dan Perangkat Daerah,” jelasnya.

Anna menjelaskan laporan yang dilaporkan dari laporan berdasarkan Laporan Realisasi Anggaran/LRA Perangkat Daerah yang memuat data dan informasi realisasi pendapatan, belanja, transfer, surplus/defisit, pembiayaan, dan sisa lebih/kurang pembiayaan anggaran periode Januari sampai dengan Oktober 2023.

“Harapan dengan dilaksanakan desk realisasi anggaran ini data dapat dipadupadankan dengan BPPKAD dan Bapelitbangda, teridentifikasi masalah dan kendala Perangkat Daerah yang dapat dibantu penyelesaiannya bersama Perangkat Daerah terkait, teridentifikasi langkah percepatan realisasi anggaran sebagai upaya antisipasi berakhirnya tahun anggaran 2023 dengan tetap berprinsip efektif dan efisien serta teridentifikasi Perangkat Daerah yang tertib penganggaran,” pungkasnya.*

Reporter : Fijai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.