Pj Sekda Heri Sangat Bersyukur Atas Antusias dari Masyarakat Desa Kalibuntu

0
19
Gambar : Lokasi Desa Kalibuntu kecamatan Kraksaan kabupaten Probolinggo provinsi Jawa Timur Foto Fijai, (16/1/2024).

TNews, PROBOLINGGO – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto melakukan pemantauan pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio hari kedua putaran pertama di Balai Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan, Selasa (16/1/2024).

Turut mendampingi Pj Sekda Heri, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo, Camat Kraksaan Puja Kurniawan didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Kraksaan Wiwin Puja Kurniawan, Ketua DPD PPNI Kabupaten Probolinggo Sugianto dan Kepala Desa Kalibuntu Khairul Anam.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Sekda Heri didampingi Plt Kepala Dinkes Tutug Edi Utomo dan Camat Kraksaan Puja Kurniawan melakukan tetes vaksin polio kepada anak-anak usia 0-7 tahun yang sudah berada di Balai Desa Kalibuntu.

Tidak hanya sekali saja, Pj Sekda Heri memberikan tetes polio kepada puluhan anak-anak. Bahkan usai memberikan vaksin tetes polio, Pj Sekda Heri melakukan tos dengan beberapa anak-anak tersebut.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan kegiatan ini sebagai antisipasi dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menghadapi Kejadian Luar Biasa (KLB) yang terjadi di Pamekasan dan Klaten.

“Kementerian Kesehatan mengambil kebijakan dalam rangka untuk mencegah penyebaran virus polio ini dilakukan imunisasi polio secara serentak. Mudah-mudahan dengan pemberian vaksin polio ini akan memperkuat kekebalan tubuh anak-anak kita terhadap virus polio,” katanya.

Lebih lanjut Pj Sekda Heri mengaku sangat bersyukur atas antusias dari masyarakat Desa Kalibuntu membawa anaknya untuk mendapatkan imunisasi tetes polio. Harapannya seluruh masyarakat di Kabupaten Probolinggo bisa berbondong-bondong menuju ke tempat pelayanan polio dalam rangka untuk membentengi anak-anak supaya tetap sehat dan tidak terjangkit wabah polio.

“Silakan datangi pos-pos pelayanan vaksin polio di posyandu, sekolah, puskesmas, atau tempat-tempat lain yang sudah ditentukan. Mari wujudkan anak-anak Kabupaten Probolinggo sehat dan bebas polio,” tegasnya.

Sementara Plt Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo menyampaikan Sub PIN Polio akan dilaksanakan dalam 2 (dua) putaran. Untuk putaran 1 dilakukan pada tanggal 15 hingga 21 Januari 2024 dan putaran 2 dilakukan pada tanggal 19 hingga 25 Februari 2024.

“Sasaran Sub PIN Polio adalah anak usia 0-7 tahun atau 8 tahun kurang sehari sebanyak 145.243 anak se-Kabupaten Probolinggo. Polio tidak bisa diobati, tetapi bisa dicegah dengan imunisasi polio,” ungkapnya.

Reporter : Fijai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.