SPBU 54.672.13 Klenang Kidul Melayani Penyedot Jenis Pertalite

0
54
Gambar : Lokasi Desa klenang kidul kecamatan Banyuanyar kabupaten Probolinggo provinsi Jawa Timur Foto Fijai.

TNews, PROBOLINGGO – SPBU (54.672.13) pom bensin Klenang Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo, diduga melayani pengisian BBM jenis pertalite menggunakan jerigen, pasalnya pada hari Jumat tanggal 05 Januari 2024 sekitar jam 15.30 WIB. Salah satu pengendara yang mau mengisi BBM jenis pertalite berpapasan dengan sepeda motor Megapro keluar dari Pom Klenang Kidul dengan membawa jerigen.(6/1/2024).

SPBU (54.672.13) Klenang Kidul Kecamatan Banyuanyar diduga melanggar Pasal 56 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Dipidana sebagai pembantu kejahatan : mereka yang sengaja memberi bantuan pada waktu kejahatan dilakukan; mereka yang sengaja memberi kesempatan, sarana atau keterangan untuk melakukan kejahatan.

Pasalnya BBM jenis Pertalite telah ditetapkan sebagai Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP) pengganti Premium. Larangan tersebut diatur Surat Edaran Menteri ESDM No. 13/2017 mengenai ketentuan penyaluran bahan bakar minyak melalui penyalur.

Salah satu pengendara sepeda motor yang mau mengisi bensin jenis Pertalite di pom bensin Klenang Kidul, JS berpapasan dengan sepeda motor Megapro yang membawa jerigen mengatakan. Saat ditemui tim media yang tergabung di komunitas jurnalis Nusantara TRABAS “Saya mau isi bensin di pom Klenang Kidul mas, lalu Saya berpapasan dengan seseorang memakai kaos hitam mengendarai sepeda motor Megapro warna hitam bermuatan jerigen keluar dari pom bensin Klenang Kidul.

Karena Saya menduga pom bensin Klenang Kidul, selain melayani pengisian BBM jenis Pertalite pakai jerigen, pastinya pom bensin Klenang Kidul juga melayani penyedot bensin jenis Pertalite. Setelah itu, Saya intai dan ternyata bener, ada salah satu pengendara sepeda motor yang Saya duga salah satu penyedot keluar dari pom bensin Klenang Kidul.

Lebih lanjut kata JS, akhirnya Saya ikutin, ke arah selatan, tidak jauh dari pom akhirnya sepeda itu masuk ke salah satu gang, di situ Saya intai, dan bener dugaan Saya, orang tersebut salah satu penyedot menggunakan sepeda motor, karena dia langsung menyedot BBM dari tangkinya disalin ke jerigen juga,” ucapnya.

Demi berimbangnya pemberitaan, tim media mengonfirmasi salah satu petugas dari SPBU pom bensin Klenang Kidul Sr lewat sambungan WhatsApp via chat. Sebelumnya, tim media mempertanyakan status Sr sebagai humas atau bukan. “Bukan dik, struktur karyawan SPBU Klenang gak terlalu ribet kok, semua operator Saya juga operator biasa,” jawabnya.

Selanjutnya tim media mempertanyakan perihal dugaan melayani pengisian BBM jenis Pertalite menggunakan jerigen dan penyedot. Namun sampai berita ini diterbitkan tidak ada jawaban walaupun pesan Chat tersebut telah dibaca.*

Reporter : Fijai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.