Ziarah ke Makam Raja: Tenggarong Memperkokoh Identitas Sejarahnya

0
110
Exif_JPEG_420

TNews, Kukar – Dalam rangka perayaan hari ulang tahun ke-241 Kota Tenggarong, Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara, Sunggono, memimpin ziarah ke makam pendiri Kota Tenggarong dan Raja-Raja Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura di Museum Mulawarman pada Kamis (28/9/2023).

Kegiatan ziarah tersebut menjadi bagian integral dari Festival Erau, yang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai sejarah dan kearifan lokal. Sunggono dan jajaran pemerintah daerah, bersama keluarga kesultanan, dengan khidmat meletakkan karangan bunga di makam Raja-Raja Kutai Kartanegara sebagai bentuk penghormatan.

“Ziarah ini bukan hanya untuk mengenang, tetapi juga menghormati para Raja-Raja Kesultanan Kutai Kartanegara yang telah berjasa dalam sejarah daerah ini,” ungkap Sunggono kepada wartawan.

Perayaan ulang tahun Kota Tenggarong dianggap sebagai momen refleksi atas perjalanan panjang daerah ini, dari pusat kerajaan Kutai Kartanegara hingga menjadi pusat kota Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sunggono menekankan bahwa Pemkab Kukar memiliki komitmen kuat untuk terus membenahi Kota Tenggarong dengan pendekatan pembangunan komprehensif dan terintegrasi. “Pembenahan tata kota dilakukan dengan konsep kota yang ramah, bersih, modern, dan berbudaya,” tambahnya.

Dalam konteks persiapan menyambut Ibu Kota Nusantara, Sunggono menegaskan bahwa Tenggarong siap menjadi destinasi wisata unggulan. “Kami berkomitmen pada penataan lingkungan, pembangunan fasilitas penunjang UMKM, hingga mewujudkan konsep pemerintahan smart city,” jelasnya.

Lebih dari sekadar perayaan, perjalanan sejarah Kota Tenggarong diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan mempertahankan warisan budaya daerah. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.