10 Cara Meningkatkan Gairah Bercinta untuk Pria dan Wanita

0
239
ilustrasi

TNews, SEHAT – Secara alami setiap individu memiliki libido atau dorongan seks yang bervariasi. Memiliki dorongan seks yang rendah tidak selalu menjadi masalah, tetapi jika seseorang ingin meningkatkan libido, dapat mencoba berbagai metode alami yang efektif.

Kecemasan, kesulitan hubungan, masalah kesehatan, dan usia semuanya dapat mempengaruhi libido. Sementara libido yang rendah bisa mempengaruhi hubungan dan harga diri seseorang.

Berikut ini beberapa cara terbaik agar pria dan wanita dapat meningkatkan libido menggunakan metode alami:

  1. Kelola kecemasan

Memiliki tingkat kecemasan yang tinggi adalah penghalang umum terhadap fungsi seksual dan libido bagi pria dan wanita.

Kecemasan karena stres kehidupan atau kecemasan terkait seks tertentu atau tekanan hidup lainnya membuat seseorang merasa lelah dan, akibatnya memiliki hasrat seksual yang rendah. Kecemasan dan stres juga dapat membuat seseorang lebih sulit untuk memperoleh atau mempertahankan ereksi, yang dapat menunda seseorang untuk berhubungan seks.

Sebuah ulasan 2017 tentang disfungsi ereksi pada pria muda telah menunjukkan bahwa depresi dan kecemasan dapat mengakibatkan penurunan libido dan peningkatan disfungsi seksual.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengelola kecemasan dan meningkatkan kesehatan mental termasuk:

Mempraktikkan kebersihan tidur yang baik

Meluangkan waktu untuk hobi

Berolahraga secara teratur

Makan makanan sehat

Berbicara dengan terapis

  1. Tingkatkan kualitas hubungan

Banyak orang mengalami jeda dalam hasrat dan frekuensi hubungan seksual pada titik-titik tertentu dalam suatu hubungan. Hal ini mungkin terjadi setelah bersama seseorang dalam waktu yang lama, atau jika seseorang merasa bahwa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dalam hubungan intim mereka.

Berfokus pada peningkatan hubungan dapat meningkatkan gairah seks masing-masing pasangan.

Cobalah merencanakan kencan malam, melakukan kegiatan bersama di luar kamar, saling terbuka dalam komunikasi, dan menyisihkan waktu berkualitas satu sama lain.

  1. Fokus pada foreplay

Memiliki pengalaman seksual yang lebih baik dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk berhubungan seks, sehingga meningkatkan libido.

Dalam banyak kasus, sebagian pasangan meningkatkan pengalaman seksual dengan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyentuh, berciuman, menggunakan mainan seks, dan melakukan seks oral.

Bagi wanita, foreplay sangatlah penting. Menurut beberapa penelitian pada 2017, hanya sekitar 18 persen wanita yang orgasme dari hubungan seksual saja, sementara 33,6 persen wanita melaporkan bahwa stimulasi klitoris diperlukan untuk orgasme.

  1. Tingkatkan kualitas tidur yang baik

Tidur nyenyak dapat meningkatkan suasana hati dan tingkat energi seseorang secara keseluruhan, dan beberapa penelitian juga menghubungkan kualitas tidur dengan libido.

Sebuah studi skala kecil tahun 2015 yang dilakukan terhadap wanita menunjukkan bahwa waktu tidur yang optimal memiliki gairah lebih baik daripada mereka yang memiliki waktu tidur lebih pendek.

  1. Makan makanan bergizi

Menerapkan diet bergizi dapat bermanfaat bagi dorongan seks yaitu dengan menghindari beberapa makanan yang dapat menurunkan libido. Makan makanan yang kaya sayuran, rendah gula, dan tinggi protein tanpa lemak dapat membantu mencegah gangguan yang mempengaruhi libido.

  1. Konsumsi obat herbal

Sebagian obat herbal efektif dalam meningkatkan fungsi seksual pada pria dan wanita.

Adapun obat herbal berikut yang diakui dapat meningkatkan fungsi seksual:

Maca

Tribulus

Gingko

Ginseng

Perlu diingat masyarakat harus waspada menggunakan obat-obatan herbal tanpa persetujuan dokter.

  1. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu libido dalam banyak cara. Sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan terhadap pria menemukan bahwa olahraga teratur membantu mengatasi masalah citra tubuh dan libido rendah.

  1. Pertahankan berat badan yang sehat

Beberapa ilmuwan menyatakan kegemukan dan obesitas dapat membuat dorongan seks yang rendah. Hal ini terkait dengan faktor hormonal, seperti konsentrasi testosteron yang rendah.

Menjaga berat badan yang sehat dapat meningkatkan gairah seks seseorang, baik secara fisik maupun psikologis. Makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur dapat membantu mencapai hal ini, serta meningkatkan tingkat energi seseorang secara keseluruhan.

  1. Cobalah terapi seks

Hasrat seksual itu kompleks, gabungan dengan komponen psikologis dan fisik.

Terapi adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan libido rendah. Konseling individu dapat membantu mengatasi pandangan negatif tentang seks, harga diri, dan penyebab sekunder libido rendah, seperti depresi dan kecemasan. Konseling hubungan dapat membantu beberapa orang mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi hasrat seksual mereka.

  1. Berhenti merokok

Merokok dapat berdampak negatif pada sistem kardiovaskular seseorang. Kesehatan jantung yang baik penting untuk fungsi seksual yang baik.

Suatu penelitian menemukan bahwa tingkat energi dan dorongan seks bisa meningkat setelah berhenti merokok.

 

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.