12 Manfaat Labu Kuning: Dari Mendukung Diet hingga Mencegah Diabetes

0
49
Gambar: 12 manfaat labu kuning: dari mendukung diet hingga mencegah diabetes.

TNews, KESEHATAN – Meski merupakan buah yang biasa dikonsumsi, banyak orang yang tidak menyadari beragam manfaat kesehatan dari labu kuning. Buah yang sering digunakan sebagai hiasan saat Halloween ini dipercaya bermanfaat bagi mereka yang sedang diet bahkan dianggap dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Manfaat labu kuning untuk kesehatan

Kandungan nutrisinya yang beragam, membuat manfaat labu kuning untuk kesehatan juga berlimpah, seperti di bawah ini.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat labu kuning untuk menurunkan berat badan didapatkan dari kandungan kalorinya yang rendah. Selain itu, kandungan serat yang ada di dalamnya akan membantu Kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga akan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Buah labu kuning juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh. Seperti yang sudah banyak diketahui, vitamin ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Labu kuning juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang dipercaya dapat membantu mencegah katarak, serta memperlambat perkembangan penyakit degenerasi makula.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Labu memiliki sifat antibakteri, antimikroba dan antiparasit yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit menular. Ekstrak labu dapat membantu melawan infeksi bakteri berbahaya seperti misalnya E. coli dan salmonella.

Selain itu, biji labu dan ekstrak labu juga telah digunakan sejak lama sebagai pengobatan rumahan untuk cacingan dan infeksi parasit pada hewan maupun manusia.

Manfaat labu kuning untuk sistem kekebalan tubuh juga didapatkan dari kandungan vitamin C serta beta karoten yang ada dalam biji labu. Oleh tubuh, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A yang akan memicu pembentukan sel darah putih. Sel darah putih berperan sangat penting dalam melawan infeksi yang terjadi di tubuh.

  1. Membuat kulit jadi awet muda

Labu kuning mengandung beta karoten yang dapat berperan melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat sinar matahari. Manfaat labu parang untuk kulit juga didapatkan dari kandungan lutein, zeaxanthin, dan vitamin E, yang dapat menjaga kulit agar tetap sehat.

  1. Berpotensi menurunkan risiko kanker

Manfaat labu kuning yang tidak kalah berkhasiat adalah dapat menurunkan risiko kanker. Dikutip dari penelitian, labu kuning kaya akan kandungan carotenoid, yaitu antioksidan yang dapat disebut dapat membantu menetralkan radikal bebas pemicu kanker.

Beberapa penelitian menyebutkan konsumsi carotenoid dalam jumlah yang cukup, dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena kanker pankreas, tenggorokan, dan lainnya.

  1. Baik untuk kesehatan jantung

Labu kuning mengandung beberapa bahan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, seperti vitamin C, serat, dan kalium. Manfaat buah labu kuning dari kandungan tinggi kaliumnya adalah dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

Sedangkan serat dan antioksidan dapat mengurangi kolesterol dalam darah dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah jantung. Sejumlah studi pun menyebutkan bahwa asupan serat dan antioksidan yang cukup sangat berperan penting untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Membuat tidur jadi lebih nyenyak

Manfaat labu kuning lainnya adalah membuat tidur lebih nyenyak.  Biji labu kuning, mengandung triptofan, sejenis asam amino yang dapat memicu rasa kantuk. Bahan ini juga mendorong pengeluaran hormon serotonin, yang dapat membuat tubuh merasa lebih rileks, dan siap untuk beristirahat.

  1. Menjaga kesehatan prostat

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, minyak biji labu kuning berhasil mencegah pembesaran prostat yang tidak normal. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk benar-benar memastikan manfaat labu kuning yang satu ini.

  1. Baik untuk menjaga kesehatan otak

Manfaat labu kuning selanjutnya adalah menjaga kesehatan otak dan menurunkan risiko penyakit saraf dan otak seperti Parkinson dan Alzheimer.

Labu mengandung senyawa karotenoid yang dipercaya baik untuk otak karena dapat melindungi organ ini dari senyawa beracun.

  1. Dapat membantu mengontrol kadar gula darah

Bahan yang terkandung dalam biji labu kuning, dapat membantu penyerapan gula di jaringan dan tubuh, serta menyeimbangkan kadar gula di hati. Peran ini membuat biji labu kuning dipercaya dapat membantu menurunkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Namun, penelitian mengenai hal ini masih perlu lebih banyak dilakukan, untuk memastikan manfaat labu kuning terhadap kadar gula darah di tubuh.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Salah satu nutrisi yang penting untuk mengatasi masalah pencernaan adalah serat. Mencukupi kebutuhan serat harian bisa dilakukan dengan mengonsumsi labu. Labu kuning adalah salah satu jenis buah yang mengandung tinggi serat, sehingga bisa membantu kamu terhindar dari konstipasi atau sembelit serta membantu BAB lebih lancar dan teratur.

  1. Baik untuk tulang

Manfaat labu kuning yang juga tak boleh diremehkan selanjutnya adalah baik untuk tulang. Sebab, labu kuning mengandung banyak vitamin K yang baik untuk tulang dan juga jantung.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang dimiliki labu kuning juga dibutuhkan untuk perkembangan tubuh dan perbaikan jaringan tubuh.*

Sumber: sehatq.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.