5 Cara Sederhana Bantu Jaga Otot Tetap Kuat untuk Usia Tua Berkualitas

  • Whatsapp
ilustrasi

TNews, SEHAT ‑ Menjaga otot tetap kuat dan sehat bukan hanya tugas atlet atau pencinta olahraga saja. Akan tetapi, hal ini juga harus dibiasakan dalam kehidupan setiap orang untuk usia tua yang lebih berkualitas.

Saat Anda rutin menjaga kekuatan otot, bisa dipastikan otot tubuh Anda akan tampak dalam kondisi baik dan kuat. Tak hanya itu, membentuk kekuatan otot juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari kesehatan tubuh, persendian, dan kondisi mental Anda.

Bacaan Lainnya

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kekuatan otot yang bisa dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari. Melansir thehealthy dan verywellfit, berikut 5 cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk bantu jaga otot tetap kuat.

  1. Rutin Olahraga

Cara yang paling penting diperhatikan untuk menjaga kekuatan otot ialah dengan melatih ketahanan melalui olahraga. Latihan angkat beban, misalnya, bisa bantu Anda mempertahankan kekuatan serta massa otot untuk modal di usia tua. Terlebih mulai usia 40 tahun ke atas, tubuh akan mulai kehilangan massa otot secara alami sehingga penting sekali untuk mempertahankannya lewat aktivitas fisik dan olahraga yang rutin.

Latihlah kekuatan otot Anda secara bertahap dengan merencanakan aktivitas olahraga sesuai kemampuan. Di tahap awal, Anda bisa mulai dengan gerakan-gerakan ringan. Jika sudah terbiasa, Anda dapat mengintensifkan jenis atau gerakan olahraga yang akan dilakukan atau menambah waktu berolahraga untuk menjaga kekuatan otot.

  1. Relaksasi dan Istirahat yang Cukup

Saran yang satu ini mungkin sudah sering didengar karena manfaatnya yang kaya bagi tubuh. Meski bosan sekalipun, Anda tak boleh mengabaikan saran untuk beristirahat serta tidur yang cukup. Sebab, tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk membangun serta memperbaiki sistem dalam tubuh Anda.

Saat tidur, hormon seperti testosteron dan hormon pertumbuhan akan melakukan regenerasi untuk memperbaiki tubuh Anda. Selain itu, Anda juga perlu melakukan relaksasi untuk menghindari stres emosional yang dapat memicu hormon stres katabolik. Diketahui, hormon ini bisa merusak lebih banyak otot tubuh jika Anda tidak merawat tubuh dengan hati-hati.

  1. Dapat Sinar Matahari Cukup

Penelitian menunjukkan vitamin D yang diperoleh langsung dari paparan sinar matahari berguna untuk memperbaiki kondisi tubuh, seperti melemahnya otot. Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkan sinar matahari yang cukup setiap harinya selama kurang lebih 15 menit untuk menghindari defisiensi vitamin D. Sehingga Anda dapat menjaga kekuatan otot sebagai modal di masa tua nanti.

  1. Konsumsi Protein 2x Lipat

Sebuah survei dari American Association of Retired Persons (AARP) menyebutkan, 62% orang dewasa merasa cukup mendapatkan protein, sementara 70% orang melaporkan bahwa mereka meningkatkan asupan makanan berpotein tinggi untuk menghindari risiko kehilangan otot.

Diketahui, orang dewasa membutuhkan setidaknya 0,8 gram protein per kilogram berat setiap harinya. Seiring bertambahnya usia, asupan protein harian pun perlu digandakan untuk bantu menjaga kekuatan otot. Untuk mengetahui jumlah serta jenis asupan protein yang tepat bagi tubuh, Anda disarankan untuk berkonsultasi langsung pada ahlinya.

  1. Lengkapi Makan 3x Sehari dengan Protein yang Cukup

Tak sedikit orang yang berpikir bahwa kebutuhan protein bisa dipenuhi dengan sekali makan, misalnya menyantap steak daging berprotein tinggi demi memenuhi kebutuhan nutrisi. Meski tidak salah, ada cara yang lebih tepat untuk Anda memenuhi kebutuhan protein bagi tubuh.

Sebuah studi dari University of Texas menemukan adanya peningkatan hingga 25% dalam protein otot sintesis yang didapatkan ketika konsumsi protein dibagi secara merata pada sarapan, makan siang, dan makan malam. Untuk itu, Anda perlunya menyeimbangkan asupan protein sepanjang hari dibanding merapelnya sekaligus.

Selain kelima cara di atas, Anda juga bisa bantu menjaga kekuatan dan massa otot dengan konsumsi nutrisi tepat. Misalnya, dengan disertai konsumsi susu ENSURE yang memiliki kandungan zat gizi yang baik bagi tulang dan juga otot, serta mampu bantu menjaga tubuh dari risiko kekurangan massa otot.

Susu ENSURE merupakan oral nutrition supplement (ONS) dengan penjualan No. 1 di dunia yang mengandung berbagai nutrisi penting dan rendah laktosa. Produk ini tersedia dalam 2 pilihan rasa yang lezat, yakni Vanila dan Cokelat.

ENSURE yang bisa Anda andalkan untuk bantu menjaga kekuatan otot ini juga memiliki nutrisi lengkap dan seimbang dengan adanya kandungan Triple protein, yakni berupa kombinasi unik whey-kasein-soya. Tak hanya itu, ENSURE juga kaya akan omega 3&6 dan 14 vitamin & 9 Mineral.

Minum ENSURE 2 kali sehari bantu jaga daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif sepanjang hari.

 

Sumber : detik.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.