5 Jenis Sarapan Ini Sering Kita Konsumsi, Namun Tidak Baik Untuk Kesehatan

0
185

TNews, KESEHATAN –  Setiap pagi orang membutuhkan asupan yang cukup untuk memulai hari. Maka dari itu, semua orang dianjurkan untuk sarapan atau makan pagi. Makanan yang dikonsumsi untuk sarapan berguna sebagai bahan bakar pada tubuh agar aktivitas berjalan lancar.

Sarapan sendiri memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Pentingnya sarapan membutuhkan kesadaran, apalagi bagi anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Banyak penelitian mengaitkan sarapan dengan kesehatan termasuk ingatan dan konsentrasi yang lebih baik. Dengan sarapan, kadar kolesterol LDL menjadi lebih rendah sehingga menurunkan risiko penyakit diabetes, penyakit jantung, dan kelebihan berat badan.

Penentuan makanan untuk sarapan juga harus tepat. Makanan harus mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, serat, vitamin, mineral, lemak yang cukup. Akan tetapi banyak dari kita yang masih tidak memperhatikan makanan untuk sarapan.

Roti bakar

Mungkin makanan ini sering kamu konsumsi untuk sarapan. Namun  faktanya, roti bakar ternyata tidak baik untuk sarapan. Kandungan tepung terigu di roti hanya mencakup sedikit nutrisi dan serat. Penambahan mentega juga tidak baik untuk tubuhmu karena mentega mengandung lemak trans yang tidak sehat bagi tubuh. Sementara itu, roti bakar akan menjadi lebih cocok untuk sarapanmu jika tidak menggunakan mentega dan ditambah sayur dan telur.

Makanan cepat saji

Mungkin makanan cepat saji di restoran adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang tidak sempat memasak. Tapi pada kenyataannya makanan cepat saji banyak mengandung pengawet, lemak tidak sehat dan nutrisi artifisial.

Alternatif sarapan yang lebih baik adalah membuat sendiri roti isi. Roti isi terbuat dari gandum dan dipadukan dengan daging segar. Sudah pasti lebih menyehatkan untuk sarapan.

Hanya minum kopi.

Kebanyakan dari kita memulai hari hanya dengan secangkir kopi. Perlu diketahui bahwa minum kopi tidak mencukupi asupan gizi untuk memulai hari. Kamu tetap membutuhkan asupan karbohidrat, protein, serat dan berbagai vitamin. Sebaiknya, setelah terpenuhi asupan tersebut kamu baru bisa mengonsumsi kopi. Jangan lupa tambahkan sedikit gula untuk menjaga kadar gula dalam tubuhmu. Terlalu banyak gula tidak baik untuk sarapan

Gorengan

Kurangi gorengan untuk menu makanan sarapan kamu, kandungan minyak yang tinggi tidak baik untuk tubuh. Untuk sarapan yang lebih sehat masaklah makanan yang kuah-kuah agar kebutuhan air tubuh juga terpenuhi.

Makanan tanpa sayur

Kadang ada beberapa orang yang melewatkan sayuran di menu sarapannya. Padahal Sayuran sangat cocok untuk sarapan sehat. Sayuran secara alami rendah kalori, diisi dengan vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayuran juga kaya serat yang membuat perut terasa kenyang lama. Mulai saat ini, kamu perlu menambahkan sayuran sebagai menu sarapan setiap hari.

 

Sumber : brilicious.brilio.net

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.