5 Kebiasaan Sehat untuk Redakan Sembelit yang Tak Kunjung Sembuh

0
15
Ilustrasi sembelit ( faktualnews )

TNews, KESEHATAN – Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi umum yang dialami orang dari setiap rentang usia. Ada beberapa kebiasaan sehat yang bisa meredakan sembelit.

Sembelit tentunya membuat orang yang mengalaminya tidak nyaman dan mengganggu hidup mereka. Meski begitu, Anda dapat menghilangkan gejala yang membuat tidak nyaman saat sembelit kronis dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup.

Sembelit biasanya dianggap kronis ketika Anda buang air besar kurang dari tiga kali seminggu selama tiga bulan atau lebih. Hal ini bisa menyakitkan, mengganggu, dan memalukan bagi banyak orang.

Namun, kabar baiknya adalah ada banyak perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk meredakan hal-hal yang mengganggu. Mempelajari kiat-kiat bermanfaat, termasuk perubahan pola makan dan olahraga, dapat meringankan sembelit kronis yang Anda alami.

1. Asupan serat cukup

Pedoman Diet Amerika Serikat untuk orang Amerika merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi sekitar 28 hingga 34 gram serat sehari, tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Sumber serat yang baik termasuk:

– sereal dedak,
– oatmeal,
– apel yang tidak dikupas,
– pasta dan roti gandum utuh,
– brokoli,
– sayuran sawi,
– kacang almond.

2. Hindari makanan yang menyebabkan sembelit

Makan makanan berlemak rendah serat dapat menyebabkan sembelit. Cobalah untuk menahan godaan potensial makanan seperti:

– makanan cepat saji,
– keripik berminyak,
– daging merah, dan
– makanan olahan seperti nugget.

Sebagai aturan umum, Anda harus menghindari makanan yang memiliki sedikit atau tanpa nilai gizi karena akan memperparah kondisi sembelit Anda.

3. Tetap terhidrasi

Minum cukup air dapat melunakkan feses dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Jumlah cairan yang dibutuhkan seseorang dapat bergantung pada usia, berat badan, intensitas olahraga, kesehatan secara keseluruhan, dan bahkan lokasi geografis.

Cairan yang menghidrasi tidak hanya air, tetapi juga jus buah yang dimaniskan secara alami, dan sup bening. Tak lupa juga buah-buahan yang mengandung persentase air yang tinggi, seperti melon, anggur, jeruk, pir, persik, dan semangka.

4. Olahraga secara teratur

Terlalu sering duduk dapat menyebabkan sembelit. Faktanya, olahraga yang cukup dapat mengatasi masalah tersebut.

Mungkin ada baiknya mempertimbangkan untuk menambahkan ahli fisiologi olahraga dalam merawat kesehatan Anda yang dapat membuat rencana kebugaran yang dipersonalisasi khusus untuk Anda.

5. Pertimbangkan penggunaan obat sembelit

Jangan mencoba mengatur penggunaan obat pencahar sendiri. Dokter mungkin merekomendasikan untuk minum obat ini jika perubahan pola makan dan olahraga tidak meredakan sembelit.

Mengonsumsi terlalu banyak obat pencahar dapat membuat sembelit lebih parah.

Demikian beberapa kebiasaan sehat untuk redakan sembelit. Semoga membantu!

Sumber: kumparan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.