5 Manfaat Buah Nanas bagi Penderita Kolesterol Tinggi

0
44
Ilustrasi Manfaat Buah Nanas bagi Penderita Kolesterol Tinggi

TNews, KESEHATAN – Manfaat nanas untuk kolesterol sudah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana pandangan dunia medis mengenai hal ini? Nanas (Ananas comosus) merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan, meskipun juga tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Buah eksotis ini memiliki rasa asam yang tajam saat masih muda dan menjadi manis saat dagingnya menguning menandakan kematangan.

Buah ini kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan mangan, serta berbagai antioksidan dan enzim yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat buah nanas untuk kolesterol

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan di Indonesia, buah nanas memang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Efek ini pun bisa didapat ketika Kamu mengonsumsi nanas segar maupun jus nanas.

Berikut ini berbagai hal yang membuat nanas baik untuk kolesterol tinggi:

  1. Memperbaiki kadar lemak tubuh

Buah nanas dipercaya bisa menurunkan kolesterol karena kaya dengan berbagai kandungan yang dapat membantu memperbaiki kadar lipid (lemak) secara keseluruhan.

Nanas mengandung myricetin, zat yang dapat membantu memperbaiki kadar lemak dengan mengubah penyerapan lemak di  hati, mengatur kadar trigliserida, serta mengolah plasma di dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C pada nanas yang termasuk sebagai antioksidan juga bisa memperbaiki kadar lemak di tubuh.

Kandungan lain yang membuat nanas baik untuk kolesterol adalah antioksidan polifenol yang dapat memperbaiki kadar lipid dengan cara meningkatkan enzim paroxanase yang akan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah.

  1. Mengurangi sintesis trigliserida

Trigliserida merupakan salah satu komponen yang dapat menaikkan kadar kolesterol total di dalam darah.

Manfaat nanas untuk kolesterol dapat diperoleh dari kandungan niasin di dalamnya yang dapat membantu  menghambat transportasi lemak ke hati, sehingga akan mengurangi sintesis trigliserida.

Ini dapat membantu mengontrol kadar trigliserida di dalam tubuh yang pada akhirnya bermanfaat dalam menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Penelitian yang pernah dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa nanas dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Ini bermanfaat juga untuk meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah nanas memiliki potensi yang sama pada manusia.

  1. Mengurangi risiko komplikasi kolesterol tinggi

Nanas dianggap sebagai makanan penurun kolesterol karena memiliki sifat antioksidan dan penurun kadar lemak di tubuh. Ketika kadar lemak seimbang, maka penumpukan lemak di jantung juga akan berkurang.

Tumpukan lemak di jantung bisa memicu hiperkolesterolemia alias kolesterol tinggi. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa memicu komplikasi seperti peradangan jantung yang nantinya bisa memicu penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan darah tinggi.

  1. Memecah penumpukan kolesterol pada arteri

Penumpukan kolesterol pada pembuluh darah arteri dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk pengerasan pembuluh darah, serangan jantung, dan stroke.

Nanas mengandung enzim bromelain yang bermanfaat untuk memecah gumpalan darah dan endapan kolesterol di arteri. Manfaat ini membuat nanas bisa melancarkan aliran darah, sehingga kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung bisa berkurang.

Perlu diingat bahwa penelitian yang membuktikan manfaat nanas untuk kolesterol itu tidak menyebut banyaknya nanas yang harus dikonsumsi agar kadar kolesterol bisa turun. Jika kamu ingin menjadikan nanas sebagai alternatif pengobatan dislipidemia (kolesterol tinggi), sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter.

Selain menurunkan kadar kolesterol, buah nanas juga memiliki beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan manusia, seperti:

  1. Enzim bromelain

Penelitian menunjukkan, enzim bromelain yang terdapat pada daging buah nanas dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh, termasuk pembengkakan di saluran napas. Selain itu, enzim ini juga dapat menyehatkan pencernaan, termasuk mengurangi gejala diare.

  1. Mangan

Kandungan mangan yang cukup berlimpah dalam nanas mampu melindungi tulang dari pengeroposan alias osteoporosis. Riset lain memang menunjukkan konsumsi mangan berlebihan dapat mengganggu fungsi kognitif. Namun efek samping ini tidak akan muncul selama kamu tidak minum lebih dari 12 gelas jus nanas dalam sehari.

  1. Antioksidan

Selain menghadirkan manfaat buah nanas untuk kolesterol, kandungan antioksidan juga bisa menurunkan risiko kamu terkena beberapa jenis kanker. Pasalnya, antioksidan dapat melawan efek buruk radikal bebas yang membahayakan tubuh.*

Sumber: sehatq.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.