6 Obat Flu Alami dari Bahan Rumahan, Tanpa Efek Samping

0
0
ilustrasi

TNews, SEHAT – Akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi di sebagian wilayah Indonesia. Meski begitu, aktivitas tetap harus berjalan. Tak jarang, obat flu di musim hujan seperti saat ini laris manis karena banyak orang yang terkena flu.

Sebagian orang mungkin akan membeli obat flu di apotek agar lekas sembuh. Namun, sebagian orang yang lain mungkin akan mendiamkan flu yang diidapnya sembuh sendiri.

Daripada flu bertambah parah dan malah menularkannya kepada anggota rumah, lebih baik tentu diobati. Tidak perlu jauh-jauh ke apotek, bahan-bahan masakan alami yang ada di rumah ternyata terbukti berkhasiat untuk menyembuhkan flu.

Apa sajakah bahan alami tersebut? Dikutip dari Prevention, inilah enam bahan herbal nan alami yang bisa membantu penyembuhan flu.

  1. Basil

Daun yang harum ini biasa juga disebut dan disajikan sebagai selasih. Biasanya digunakan sebagai rempah-rempah atau penyegar dalam makanan. Selain fungsi utama tersebut, ternyata basil memiliki kegunaan untuk menyembuhkan flu.

Michael J. Balick, seorang ahli botani asal Amerika Serikat, mengatakan basil dapat membantu menurunkan demam dan meredakan flu.

  1. Lada hitam

“Ramuan lada hitam terkenal untuk meredakan hidung mampet yang disebabkan oleh pilek,” ujar Balick, dikutip dari Prevention. Kita mungkin biasa menggunakan lada hitam sebagai penyedap rasa agar lebih gurih ketika menyantap sesuatu.

Kehangatan dan sari pedas yang diberikan lada hitam itulah ternyata yang bisa membuat tubuh lebih baik ketika sedang flu.

  1. Kayu manis

Sama seperti lada hitam, ternyata kayu manis bermanfaat untuk membuat hidung lebih nyaman ketika flu. “Kayu manis digunakan untuk menghangatkan tubuh dan membersihkan lendir yang tersumbat akibat flu,” kata Balick.

Meski kayu manis baik dikonsumsi ketika flu, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi kayu manis terlebih dahulu.

  1. Kayu putih

Sepertinya, kayu putih adalah ramuan andalan banyak orang Indonesia. Hampir setiap rumah sepertinya menyediakan kayu putih yang digunakan untuk menghangatkan badan. Kita pun sudah terbiasa menghirup minyak kayu putih sebagai obat flu tatkala hidup kita mampet bukan?

“Menghirup uap beberapa tetes minyak kayu putih yang ditempatkan dalam air mendidih dapat membantu membersihkan sinus dan infeksi bronkial,” jelas Balick.

  1. Bawang putih

Penelitian mengatakan bahwa bawang putih dapat mencegah pilek. “Orang-orang telah menggunakan bawang putih untuk kesehatan dan penyembuhan selama lebih dari 5.000 tahun,” kata Balick.

  1. Jahe

Jahe yang hangat akan membuat tubuh berkeringat. Hal tersebut membuat jahe efektif untuk meredakan demam dan flu. Cara mengonsumsinya adalah dengan menuangkan satu sendok teh bubuk jahe ke dalam segelas air panas. Bubuk jahe akan larut bersama air. Meski begitu, akan ada bubuk yang masih tertinggal.

Buanglah bubuk tersebut, dan minum air larutan jahe tersebut. Selain sebagai obat flu, air jahe pun bisa digunakan sebagai obat sakit tenggorokan.

 

Sumber : detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.