7 Cara Mengobati Jamur Kulit

0
561

TNews, SEHAT – Jamur kulit adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Penyakitnya bisa kurap, kudis, ruam, atau lainnya.

Jamur kulit dapat menyebabkan:

-Kulit bersisik
-Kemerahan
-Gatal
-Pembengkakan

-Melepuh

Jenis jamur kulit menurut healthline antara lain:

-Kurap (tinea corporis)

Kurap disebabkan oleh jamur. Biasanya terjadi pada tubuh dan tungkai. Kurap di area tubuh lain bisa memiliki nama yang berbeda, seperti kutu air.

Gejala utama kurap adalah ruam berbentuk cincin dengan tepi agak menonjol. Kulit di dalam ruam melingkar ini biasanya terlihat sehat. Ruam bisa menyebar dan seringkali terasa gatal.

Kurap biasanya dapat diobati dengan krim antijamur.

-Kurap Kaki (tinea pedis)

Kurap kaki adalah infeksi jamur kulit yang memengaruhi kulit di kaki Anda. Seringkali terjadi di sela-sela jari kaki. Gejala khas kurap kaki meliputi gatal, atau sensasi terbakar dan menyengat di antara jari-jari kaki atau di telapak kaki Anda kulit yang tampak merah, bersisik, kering, atau bersisik
kulit pecah-pecah atau melepuh.

Dalam beberapa kasus, infeksi juga dapat menyebar ke area lain di tubuh Anda. Contohnya termasuk kuku, selangkangan, atau tangan Anda (tinea manuum).

  1. Jock Itch (tinea cruris)

Jock itch adalah infeksi jamur kulit yang terjadi di area selangkangan dan paha Anda. Ini paling sering terjadi pada pria dan remaja laki-laki.

Gejala utamanya adalah ruam merah gatal yang biasanya dimulai di area selangkangan atau sekitar paha bagian dalam atas. Ruam bisa bertambah parah setelah berolahraga atau aktivitas fisik lainnya dan bisa menyebar ke bokong dan perut.

Kulit yang terkena mungkin juga tampak bersisik atau pecah-pecah. Batas luar ruam bisa lebih gelap.

  1. Kurap pada Kulit Kepala (tinea capitis)

Infeksi jamur ini mempengaruhi kulit kepala dan batang rambut. Hal ini paling umum terjadi pada anak kecil dan perlu diobati dengan obat resep yang diminum serta sampo antijamur. Gejalanya antara lain kulit bersisik atau merah, gatal, dan nyeri.

Lalu bagaimana cara mengobati jamur kulit yang membandel?

Obat antijamur dapat mengobati infeksi jamur kulit. Obat dapat membunuh jamur secara langsung atau mencegahnya tumbuh dan berkembang. Obat antijamur tersedia secara bebas atau dengan resep dokter dan tersedia dalam berbagai bentuk seperti:

-krim atau salep
-pil
-bubuk
-semprotan
-sampo

Jika kamu masih belum sembuh juga, Anda dapat pergi ke dokter. Dokter akan meresepkan obat antijamur untuk membantu mengobati infeksi jamur kulit Anda.

Selain mengonsumsi obat bebas atau antijamur resep, ada 7 cara mengobati jamur kulit yang membandel yang dapat Anda lakukan di rumah, dikutip dari sumber yang sama:

  1. Menjaga area yang terkena tetap bersih dan kering
  2. Mengenakan pakaian atau sepatu longgar yang memungkinkan kulit Anda untuk bernapas. Hindari pakaian atau sepatu yang terlalu ketat.
  3. Jangan berbagi pakaian, handuk, atau barang pribadi lainnya dengan siapapun.
  4. Kenakan pakaian bersih setiap hari, terutama kaus kaki dan pakaian dalam.
  5. Pastikan untuk mengeringkan tubuh dengan benar, menggunakan handuk bersih dan kering setelah mandi, atau berenang.
  6. Kenakan sandal atau sandal jepit di ruang ganti daripada berjalan dengan telanjang kaki.
  7. Jauhi hewan yang memiliki gejala infeksi jamur kulit, seperti bulu yang hilang atau sering mencakar.

 

Sumber: detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.